Breaking News:

News Analysis

Sekda Bolmut Asripan Nani Masuk Kabinet Olly Dondokambey, Ini Tanggapan Pengamat

Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan masuknya pejabat dari Pemerintah Kabupaten / Kota

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Aldi Ponge
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Sekda Bolmut, Asripan Nani. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan masuknya pejabat dari Pemerintah Kabupaten / Kota menjadi pejabat dijajaran Pemerintah Propinsi (Pemprop) Sulut merupakan kelanjutan dari kebijakan OD-SK untuk memberi kepercayaan untuk berkiprah di level provinsi. 

Sebelumnya sudah ada sejumlah pejabat dari Pemerintah Kabupaten / Kota yang "ditarik" ke Pemprov Sulut  seperti Sekot Bitung Edison Humiang, Rinny Tamuntuan dari Mitra, Gledy Kawatu dari Minahasa, Clay Dondokambey dari Minahasa, Jetty Pulu dari Talaud dan Danny Mangala dari Minahasa dan lainnya.

"Fenomena ini menarik dikarenakan memberi peluang setiap birokrat di Kabupaten / Kota yang layak untuk "di Pemprov"-kan berdasarkan kebutuhan organisasi," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Saat ini Asripan Nani yang merupakam Sekda Bolmut dipercaya sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Sulut, ini menunjukan yang bersangkutan mendapat kepercayaan besar dari OD-SK. 

"Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi yang mendapat kepercayaan dengan harapan akan menunjukan bukan saja kinerja yang baik tapi juga prestasi," kata Tumbelaka.

Terkait adanya spekulasi Asripan Nani berpeluang menjadi Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut guna mewakili keseimbangan zona dari BMR, ini sah-sah saja. 

Namun musti diingat jabatan Sekprov adalah jabatan karier, bukan jabatan politik. 

Walaupun musti diakui jabatan Sekda telah menjelma menjadi "jabatan setengah politik".

"Jadi apakah yang bersangkutan nantinya akan diarahkan menjadi Sekprov Sulut, hal ini sepenuhnya tergantung Duet Pemimpin Sulut, OD-SK dan kalau berbicara terkait peluang tentu tetap ada karena ada kemungkinan terjadi keterwakilan zona karena terkait harmoni politik 3 zona di Sulut, Nusa Utara, Minahasa dan BMR," tandas Tumbelaka. 

 Berikut 11 nama pejabat eselon II dilantik:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Mataram
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved