Breaking News:

Berita Sitaro

Pemkab Sitaro Miliki 54 Dokter Umum dan 16 Dokter Spesialis

Melihat pentingnya kebutuhan tenaga Dokter, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah mengakomodir 70 tenaga Dokter

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Keberadaan Tenaga Kesehatan khusus Dokter menjadi salah satu kebutuhan penting setiap daerah dalam melakukan pelayanan bidang kesehatan bagi masyarakat.

Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, Dokter dan Nakes-Nakes lainnya menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan hingga penanggulangan penyebatan virus corona.

Melihat pentingnya kebutuhan tenaga Dokter, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah mengakomodir 70 tenaga Dokter, baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Tidak Tetap atau PTT.

Dari jumlah tersebut, tercatat sebanyak 54 orang sebagai Dokter Umum dan 16 lainnya merupakan Dokter Spesialis atau ahli.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule mengatakan, jumlah tersebut sudah memadai untuk melakukan pelayanan kesehatan di dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan 13 Puskesmas di Kabupaten Sitaro.

"Rumah sakit kalau yang tipe C dan tipe D seperti di daerah kita ini, minimal kan empat spesialis ditambah dokter umum, lima atau enam orang. Idealnya harus seperti itu," kata Raule, Sabtu (27/11/2021).

Untuk Dokter Spesialis, Raule menyebut di Kabupaten Sitaro sudah ada spesialis penyakit dalam, spesialis kandungan, spesialis bedah, spesialis anak, spesialis mata, spesialis jantung, spesialis rehabilitasi medik, spesialis kulit dan kelamin serta spesialis anastesi.

"Standarnya setiap rumah sakit itu harus ada dokter spesialis penyakit dalam, spesialis kandungan, spesialis beda, spesialis anak dan spesialis anastesi. Dan ini semua sudah ada di Kabupaten Sitaro," ungkap Raule.

Dia menambahkan, dari 70 orang Dokter di Kabupaten Sitaro, 20 di antaranya berstatus PTT, yang terdiri dari 13 Dokter Umum dan 7 Dokter Spesialis.

"Makanya dalam setiap penerimaan CPNS daerah, kami selalu mengajukan usulan formasi jabatan dokter umum maupun dokter spesialis supaya kebutuhan dokter ini bisa terisi," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved