Breaking News:

BACAAN ALKITAB

BACAAN ALKITAB: Zakharia 9:9-17 “Pengharapan Akan Keselamatan”

Bersama dengan semua orang percaya, kita mengucap syukur karena hari ini menjadi sebuah kesukacitaan yang menghentar kita

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

MTPJ 28 November – 4 Desember 2021 (Minggu Adven 1)
TEMA BULANAN : “Menjawab Panggilan Untuk Melayani

TEMA MINGGUAN : “Pengharapan Akan Keselamatan”
BACAAN ALKITAB: Zakharia 9:9-17

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Bersama dengan semua orang percaya, kita mengucap syukur karena hari ini menjadi sebuah kesukacitaan yang menghentar kita memasuki perayaan minggu-minggu adven yang akan kita rayakan selama empat minggu sebelum Hari Natal Yesus Kristus, yang merupakan masa perenungan tentang belas kasihan Allah terhadap umat ciptaan-Nya yang berdosa.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Memang secara tradisional, perayaan minggu adven ini sering diisi dengan kegiatan-kegiatan ibadah perayaan
menyambut natal atau pohon terang. Namun sekarang ini kita semua masih dibatasi oleh pandemi Covid 19 yang masih terasa hingga saat ini. Oleh karena itu, pada masa ini, kita semua terpanggil bukan hanya untuk meluapkan kegembiraan kita karena hari natal sudah dekat, tetapi lebih penting dari semua itu adalah tetap menggumuli dalam doa dan pengharapan, semoga Tuhan Allah segera membebaskan kita dari ancaman pandemi Covid-19 ini.

Karena itu sepanjang minggu adven pertama ini, kita akan dihentar dengan tema: “Pengharapan Akan Keselamatan”, dengan maksud bukan hanya sekedar perayaan kelahiran Tuhan Yesus di Betlehem, melainkan juga pengharapan keselamatan di zaman ini, baik dalam hal pemulihan ekonomi nasional melalui kestabilan harga lima bahan pokok (sembako), ketersediaan lapangan kerja dan masalah kemiskinan, maupun masalah keselamatan dimasa pandemiCovid 19.

Pengharapan akan kekuatan Allah untuk terus menyertai pelayanan kita dalam pergulatan zaman yang penuh tantangan ini.

PEMBAHASAN TEMATIS
 Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Kitab Zakharia adalah kitab Perjanjian Lama yang termasuk dalam kelompok nabi-nabi kecil. Sebutan nabi-nabi kecil bukan menunjuk pada kedudukan atau status/derajat sosial, tetapi karena tulisan nabi-nabi ini dalam Alkitab tergolong singkat, sehingga mereka disebut nabi kecil. Kitab nabi Zakharia, terdiri dari dua bagian, yakni pasal 1-8 tentang Penglihatan yang berisi seruan untuk membangun kembali Bait Allah, dan pasal 9-14 yang berisi nubuat tentang Kedatangan Mesias.

Khusus Zakharia 9:9-17 berisi dua perikop yakni ayat 9-11 yaitu nabi Zakharia yang memahami keterpurukan Yehuda berusaha mengobati hati mereka dan ia memulai nubuatnya dengan seruan kegembiraan dan sukacita terasa hingga saat ini. Oleh karena itu, pada masa ini, kita semua terpanggil bukan hanya untuk meluapkan kegembiraan kita karena hari natal sudah dekat, tetapi lebih penting dari semua itu adalah tetap menggumuli dalam doa dan pengharapan, semoga Tuhan Allah segera membebaskan kita dari ancaman pandemi Covid-19 ini.

Karena itu sepanjang minggu adven pertama ini, kita akan dihentar dengan tema: “Pengharapan Akan Keselamatan”, dengan maksud bukan hanya sekedar perayaan kelahiran Tuhan Yesus di Betlehem, melainkan juga pengharapan keselamatan di zaman ini, baik dalam hal pemulihan ekonomi nasional melalui kestabilan harga lima bahan pokok (sembako), ketersediaan lapangan kerja dan masalah kemiskinan, maupun masalah keselamatan dimasa pandemi Covid 19. Pengharapan akan kekuatan Allah untuk terus menyertai pelayanan kita dalam pergulatan zaman yang penuh tantangan ini.

PEMBAHASAN TEMATIS
 Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Kitab Zakharia adalah kitab Perjanjian Lama yang termasuk dalam kelompok nabi-nabi kecil. Sebutan nabi-nabi kecil bukan menunjuk pada kedudukan atau status/derajat sosial, tetapi karena tulisan nabi-nabi ini dalam Alkitab tergolong singkat, sehingga mereka disebut nabi kecil.

Kitab nabi Zakharia, terdiri dari dua bagian, yakni pasal 1-8 tentang Penglihatan yang berisi seruan untuk membangun kembali Bait Allah, dan pasal 9-14 yang berisi nubuat tentang Kedatangan Mesias. Khusus Zakharia 9:9-17 berisi dua perikop yakni ayat 9-11 yaitu nabi Zakharia yang memahami keterpurukan Yehuda berusaha mengobati hati mereka dan ia memulai nubuatnya dengan seruan kegembiraan dan sukacita terasa hingga saat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved