Breaking News:

RHK Jumat 26 November 2021

BACAAN ALKITAB   Ulangan 6:16-19 - Berlaku Baik dan Benar

Tuhan Allah lewat nabi Musa, mengulangi sekaligus menegaskan kembali kepada umat Israel tentang apa saja yang harus mereka lakukan

Editor: Aswin_Lumintang
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

  Ulangan 6:16-19
TRIBUNMANADO.CO.ID - Tuhan Allah lewat nabi Musa, mengulangi sekaligus menegaskan kembali kepada umat Israel tentang apa saja yang harus mereka lakukan sebagai panduan hidup mereka, ketika memasuki Tanah Perjanjian.

Mengapa? Karena umat Israel yang akan masuk ke negeri yang berlimpah susu dan madunya itu, merupakan "generasi kedua" yang tidak dilahirkan di tanah perbudakan. Hanya Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune "generasi lama" yang diizinkan Tuhan masuk tanah Kanaan. Nabi Musa pun tidak.

Ilustrasi Holy Bible
Ilustrasi Holy Bible (NET)

Ketentuan dan peraturan itu harus mereka jadikan sebagai cara atau gaya hidup mereka. Bukan menjadikannya sebagai kesempatan untuk mencobai Tuhan lagi, seperti yang mereka lakukan di Masa. Perintah Tuhan itu harus menjadi pedoman dan penuntun kehidupan mereka. Jangan menyimpang ke kanan ataupun ke kiri.

Perintah Tuhan itu adalah peta Jalan kehidupan bagi mereka. Karena itu, mereka harus menuruti dan melakukannya dengan baik dan benar. Jika umat ingin hidup yang diberkati oleh Tuhan, maka haruslah mereka melakukan semua perintah Tuhan secara utuh, baik dan benar.

Sebab dengan demikian, Allah akan menyertai dan melindungi serta memberkati umat-Nya, seperti ketika Dia menolong dan membebaskan nenek moyang mereka keluar dari tanah perbudakan, serta menjaga mereka dari serangan musuh-musuh yang ganas di padang gurun.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  "haruslah engkau melakukan apa yang benar dan baik di mata TUHAN, supaya baik keadaanmu dan engkau memasuki dan menduduki negeri yang baik, yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu,
  dengan mengusir semua musuhmu dari hadapanmu, seperti yang difirmankan TUHAN."* (ay 18, 19)_
Di negeri yang dijanjikan Allah kepada nenek moyang Israel, yakni Abraham, Ishak dan Yakub itu, semua keturunan mereka harus hidup sesuai perintah Tuhan. Mereka harus berprilaku baik dan benar, sesuai firman atau perintah Tuhan Allah.

Mengapa? Karena sesungguhnya apa yang Tuhan Allah lakukan itu adalah untuk kebaikan umat-Nya sendiri. Jika mereka berprilaku baik dan benar, maka kehidupan mereka akan baik dan diberkati. Jadi kebaikan dan kebenaran yang mereka lakukan, akan mendatangkan kebaikan bagi diri mereka sendiri.

Allah merancangkan semua ketentuan dan peraturan serta hukum-hukim-Nya itu, bukan untuk kebaikan Tuhan. Tidak! Tapi demi kebaikan manusia sendiri. Allah tidak diuntungkan oleh kebaikan kita, tapi Allah menghendaki kita hidup baik, karena kita berbuat baik dan benar di hadapan Tuhan. Semua itu, demi kebaikan kita. Peraturan dan ketentuan itu, manfaatnya bukan untuk Tuhan, tapi untuk kebaikan kita umat-Nya. Sebab kalau kita tidak hidup sesuai aturan, maka kacau balaulah kehidupan umat Israel. Pasti tidak ada berkat, tidak damai dan sukacita. Tapi kehancuranlah yang akan dituai dan diterimanya.

Demikian pun kita sebagai Israel zaman now, dan umat kesayangan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Tuhan telah mengaruniakan firman-Nya bagi kita. Firman Tuhan itu bukan untuk kebaikan Tuhan, tapi untuk kebaikan dan kehidupan kita. Kita akan menerima manfaat dari melakukan firman Tuhan itu, melebihi dari apa yang kita rancangkan dan usahakan untuk diri kita. Asal kita hidup setia dan taat kepada-Nya. Allah berjanji, jika kita hidup baik dan benar, kita akan menikmati kebaikan Tuhan.

Hidup kita pasti baik karena kita pasti diberkati oleh Tuhan dan dimenangkan dalam segala perkara, baik kecil maupun perkara besar. Maka hiduplah baik dan benar, setia dan taat pada-Nya, maka hiduplah kita bersama keluarga, kini dan sampai selamanya, di bumi maupun di sorga mulia. Amin

 DOA:  Tuhan Yesus, ajarlah dan mampukanlah kami untuk selalu hidup baik dan benar sesuai dengan firman-Mu, serta menjauhi prilaku hidup yang jahat, sehingga hidup kami selalu memuliakan dan mengagungkan nama Tuhan, selamanya. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved