Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Jumat 26 November 2021, Ulangan 6:16-19 : Berlaku Baik dan Benar

Mengapa? Karena umat Israel yang akan masuk ke negeri yang berlimpah susu dan madunya itu, merupakan "generasi kedua"

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tuhan Allah lewat nabi Musa, mengulangi sekaligus menegaskan kembali kepada umat Israel tentang apa saja yang harus mereka lakukan sebagai panduan hidup mereka, ketika memasuki Tanah Perjanjian.

Mengapa? Karena umat Israel yang akan masuk ke negeri yang berlimpah susu dan madunya itu, merupakan "generasi kedua" yang tidak dilahirkan di tanah perbudakan.

Hanya Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune "generasi lama" yang diizinkan Tuhan masuk tanah Kanaan. Nabi Musa pun tidak.

Ketentuan dan peraturan itu harus mereka jadikan sebagai cara atau gaya hidup mereka. Bukan menjadikannya sebagai kesempatan untuk mencobai Tuhan lagi, seperti yang mereka lakukan di Masa.

Perintah Tuhan itu harus menjadi pedoman dan penuntun kehidupan mereka. Jangan menyimpang ke kanan ataupun ke kiri.

Perintah Tuhan itu adalah peta Jalan kehidupan bagi mereka. Karena itu, mereka harus menuruti dan melakukannya dengan baik dan benar.

Jika umat ingin hidup yang diberkati oleh Tuhan, maka haruslah mereka melakukan semua perintah Tuhan secara utuh, baik dan benar.

Sebab dengan demikian, Allah akan menyertai dan melindungi serta memberkati umat-Nya, seperti ketika Dia menolong dan membebaskan nenek moyang mereka keluar dari tanah perbudakan, serta menjaga mereka dari serangan musuh-musuh yang ganas di padang gurun.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"haruslah engkau melakukan apa yang benar dan baik di mata TUHAN, supaya baik keadaanmu dan engkau memasuki dan menduduki negeri yang baik, yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, dengan mengusir semua musuhmu dari hadapanmu, seperti yang difirmankan TUHAN." (ayat 18 dan 19)

Di negeri yang dijanjikan Allah kepada nenek moyang Israel, yakni Abraham, Ishak dan Yakub itu, semua keturunan mereka harus hidup sesuai perintah Tuhan. Mereka harus berprilaku baik dan benar, sesuai firman atau perintah Tuhan Allah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved