Breaking News:

RHK Kamis 25 November 2021

BACAAN ALKITAB Ulangan 6:13-15 - Takut Tuhan, Jauhi Berhala

Ada sebuah status di media sosial berbunyi: _"hanya ada 3 yang saya takut di dunia ini. Mama mantu (mertua), anjing gila dan Tuhan."

Editor: Aswin_Lumintang
Tribun Manado/Indra Sudrajat
Renungan Harian Keluarga 

Ulangan 6:13-15
TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada sebuah status di media sosial berbunyi: _"hanya ada 3 yang saya takut di dunia ini. Mama mantu (mertua), anjing gila dan Tuhan."_ Bahkan pernyataan ini sering dikutip oleh beberapa bahkan mungkin banyak orang. Tak terkecuali orang Kristen, serta hamba Tuhan.

Sekilas, pernyataan seperti itu hanya sebagai lelucon, atau sekedar kata-kata yang membuktikan bahwa kita pemberani dan tidak takut dengan apapun, kecuali 3 yang disebutkan itu.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Kalau kita kaji lebih dalam, ini adalah bagian dari kedangkalan kita memahami makna "takut akan Tuhan" yang sangat tidak benar. Takut akan Tuhan dianggap sama dengan takut kepada anjing gila dan takut kepada mama mantu (mertua). Ini namanya kekeliruan dan 'kegilaan.'

Ada juga kisah orang yang mengaku takut akan Tuhan. Karena takut akan Tuhan, dia takut datang beribadah. Takut Tuhan akan marah dan takut lonceng akan jatuh kalau dia datang beribadah ke gereja. Makanya dia takut bertemu Tuhan di gereja atau di tempat ibadah. Itulah lakon, wujud dan pandangan yang salah kaprah tentang takut akan Tuhan dalam kehidupan orang percaya.

Musa mengajarkan kepada umat Israel untuk hidup takut akan Tuhan, maksudnya adalah semua umat Tuhan harus taat dan setia kepada Tuhan dan melakukan segala peraturan dan hukum-hukumnya. Juga menjauhi segala berhala dan atau "penyembahan" kepada harta, kekayaan, kedudukan dan manusia.

Umat Israel harus mengikuti perintah Tuhan dalam ketaatan, sukacita dan damai. Juga harus rajin beribadah kepada-Nya dalam rasa syukur dan penuh kegembiraan. Sehingga hidup kita diliputi kebahagiaan dan sejahtera, tenang dan senang. Sedangkan yang tidak, akan menerima hukuman murka Allah.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.
Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu," (ay 14, 15)_

Pemahaman tentang takut akan Tuhan, harus diletakkan pada pemahaman dan makna yang sebenarnya. Takut akan Tuhan yang dimaksud di sini adalah, rasa takjub, hormat, bangga, setia dan taat kepada Tuhan, serta merasa damai, tenang, senang, bahagia dan sukacita sejahtera di dalam Dia, Allah yang amat sangat agung dan mulia.

Sedangkan takut kepada mama mantu dan anjing gila, tidak menimbulkan ketenangan, tapi tekanan dan ketegangan, gelisah dan kuatir. Orang takut bertemu anjing gila dan harus menjauhinya. Hal yang sama juga terjadi kepada mertua yang jahat (karena tidak semua mertua jahat). Karena takut, maka kita menjauhi anjing gila dan mama mantu. Kita menghindar ketika bertemu mereka.

Sebaliknya, jila kita takut akan Tuhan, kita akan mendekat erat dan melekat dengan-Nya. Karena takut akan Dia mendatangkan kedamaian, ketenangan, kesenangan dan sukacita penuh. Sebab di dalam Dia kita menerima berkat dan kasih karunia melimpah ruah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved