Breaking News:

Berita Sitaro

Hari Ini Pemungutan Suara Pilkades di Sitaro, Panitia Pastikan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Berbagai persiapan telah dilakukan Panitia Pemilihan, baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan guna pelakaanaan Pemilihan Kepala Desa di Sitaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Ketua Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten, Herry Lano. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Berbagai persiapan telah dilakukan Panitia Pemilihan, baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan guna pelakaanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) hari ini.

Mulai dari logistik dalam rangka pesta demokrasi masyarakat kampung, pengecekan kesiapan petugas keamanan hingga rencana penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Khusus untuk penanganan penerapan protokol kesehatan dalam tahapan pemungutan suara pagi hingga siang nanti, Pemerintah Kabupaten Sitaro telah membentuk Sub Kepanitiaan di tingkat Kecamatan.

Ketua Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten, Herry Lano mengatakan, sub kepanitiaan ini bertanggungjawab melakukan sosialisasi protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkades serentak kepada panitia kampung, calon kapitalau dan masyarakat.

"Mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam pemilihan kapitalau serta menyampaikan hasil pengawasan protokol kesehatan pada pemilihan kepala desa kepada Satgas Covid-19 Kabupaten," terang Lano, Rabu (24/11/2021).

Diterangkan, dalam setiap tahapan pelaksanaan, khususnya proses pemungutan suara hari ini, Lano menyebut akan ada petugas dari Sub Kepanitiaan Kecamatan yang melakukan pengawasan.

"Baik panitia, calon hingga masyarakat pemilik hak suara wajib menerapkan protokol kesehatan. Ketika datang ke TPS, semua harus memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan," ujar Lano.

Dalam upaya mencegah kerumunan saat pemungutan suara, Lano menerangkan pihaknya telah membagi waktu kedatangan para pemilih melalui undangan yang telah disebar.

"Kita bagi sesi per lingkungan. Contohnya sesi pertama giliran warga pemilik hak suara dari lingkungan satu. Sesi dua, warga dari lingkungan dua dan seterusnya. Jadi kita atur di jam kedatangan pada undangan," sebut Asisten I Sekda Sitaro itu.

Setelah melakukan pencoblosan, birokrat senior di lingkungan Pemkab Sitaro itu menegaskan setiap warga masyarakat akan diarahkan untuk membubarkan diri dan kembali ke tempat masing-masing.

"Sehingga tidak ada kerumunan atau penumpukan orang di lokasi TPS. Dan ini akan kita awasi secara ketat," ujarnya.

Selain kewajiban memakai maskwer dan mencuci tangan, Lano menambahkan akan ada tahapan pengukuran suhu tubuh oleh petugas bagi setiap warga yang datang ke TPS.

"Ketika suhu tubuhnya di atas normal, maka yang bersangkutan akan diarahkan ke tempat khusus. Intinya, semua yang berkaitan dengan protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat," kunci Lano. (HER)

Baca juga: Kecelakaan Maut, Dwi Ratna Seorang Mahasiswi Meninggal Dunia, Korban Terjatuh Lalu Terlindas Bus

Baca juga: Danjen Kopassus Baru Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, dari Dosen Kini Jadi Pimpinan Baret Merah

Baca juga: RENUNGAN HARIAN KELUARGA Ulangan 6:10-12 - Jangan Melupakan Tuhan

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved