Breaking News:

Berita Sitaro

340 Guru Honor di Sitaro Masuk Program Sitaro Mengajar, Digaji Rp 1,5 Juta Per Bulan

Pemerintah daerah harus menempatkan tenaga guru berstatus PNS di sekolah-sekolah swasta yang dikelola oleh sejumlah yayasan.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sitaro, Budiarto Mukau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Hingga tahun 2021 ini, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah memiliki 781 tenaga pendidik atau guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Akan tetapi, jumlah tersebut dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah-sekolah yang ada di Sitaro dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Pasalnya dari jumlah tersebut, pemerintah daerah harus menempatkan tenaga guru berstatus PNS di sekolah-sekolah swasta yang dikelola oleh sejumlah yayasan.

Menyiasati persoalan tersebut, Pemkab Sitaro melalui Dinas Pendidikan mengakomodir 340 guru honorer melalui program Sitaro Mengajar untuk diperbantukan di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Sitaro.

Meski dengan penambahan "Guru Sitaro Mengajar" ini, kekurangan tenaga pendidik masih dirasakan pihak pemerintah daerah hingga memberikan keleluasaan bagi setiap sekolah untuk merekrut tambahan guru honorer di luar program Sitaro Mengajar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupatan Sitaro, Budiarto Mukau mengatakan, program Sitaro Mengajar telah berlagsung sejak tahun 2017.

Ini setidaknya bisa meminimalisir persoalan kekurangan guru yang membelit dunia pendidikan di Kabupaten Sitaro.

"Tetap masih kurang (jumlah guru). Tapi kami berupaya agar proses belajar mengajar di seluruh sekolah bisa berjalan optimal. Makanya ada juga guru-guru honor di luar Sitaro Mengajar yang direkrut langsung oleh pihak sekolah," kata Mukau, Rabu (24/11/2021).

Bicara kesejahteraan, Mukau mengakui masih dibawah standar mengingat besaran honor yang diberikan pemerintah daerah bagi Guru Sitaro Mengajar hanya Rp 1,5 juta per bulannya.

"Angka ini kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Sedangkan guru honor di luar Sitaro Mengajar itu dibiayai dari dana BOS. Jadi besaran honornya tergantung sekolah masing-masing," ungkap Mukau.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved