Breaking News:

Proyek MOR III

Terkait Dugaan Korupsi Lahan Ring Road III, Ketua GTI Sulut Minta Kejati Usut Tuntas Mafia Tanah

Dugaan korupsi yang diusut terkait pembangunan Jalan Manado Outer Ring Road III Tahun 2018 pada Dinas Prasarana dan Pemukiman (Praskim).

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut) mulai menyelidiki kasus dugaan korupsi pembebasan lahan tanah. 

Kali ini, dugaan korupsi yang diusut terkait pembangunan Jalan Manado Outer Ring Road III Tahun 2018 pada Dinas Prasarana dan Pemukiman (Praskim).

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menerangkan penyelidikan ini tertuang dalam Surat Perintah Penyelidikan Nomor: PRINT-11/P.1/Fd.1/11/2021 tertanggal 19 November 2021.

Surat ini diteken oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Garda Tipikor Indonesia (GTI) Sulut, Risat Sanger mengatakan ikut mendukung langkah-langkah yang dilakukan Kajati Sulut dalam penyelidikan kasus ini. 

Menurutnya, perlu diusut adanya oknum mafia tanah yang terlibat dalam proses pembebasan lahan Ring Road III.  Sebab, pembangunan Jalan Manado Outer Ring Road III ini berpotensi menimbulkan kerugian keuangan negara.

"Kami Dari Garda Tipikor Indonesia Sulut, meminta kepada Kejati Sulut untuk menguraikan secara tepat Instruksi Kajagung untuk memberantas Mafia Tanah terkait masalah pembebasan di Ring Road III," tegas Sanger kepada Tribunmanado.co.id, Minggu (21/11/2021).

Dikatakannya, kasus ini harus diusut tuntas oleh pihak Kajati Sulut sebagaimana instruksi dari Jaksa Agung. 

"Berpedoman dari Jaksa Agung, Kajati Sulut harus menunjukan kinerja yang positif dalam penyelidikan kasus tersebut," ungkapnya.

Bahkan, kata Sanger, pihaknya meminta agar dugaan kasus tersebut tidak sekedar di Lidik, tapi diharapkan ke Penyidikan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved