Breaking News:

Gaya Hidup

Seringkah Anda Terbangun Tengah Malam? Mungkin 8 Hal Ini Jadi Penyebabnya

Berikut beberapa penyebab sering terbangun tengah malam. Alami sleep apnea hingga gangguan kegelisahan.

Editor: Frandi Piring
Foto Klik Dokter
Penyebab Terbangun Tengah Malam. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mungkin sebagian orang sering terbangun tengah malam.

Akibatnya durasi tidur secara keseluruhan menjadi sangat minim.

Dan seirngkali pada akhirnya, kebiasaan tersebut membuat seseorang bangun dalam kondisi yang tidak segar dan berenergi, sehingga memengaruhi performa saat beraktivitas.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan melalui Journal of Psychosomatic Research, di antara 22.740 individu berusia di atas 15 tahun, sekitar 31,2 persen mengatakan sering terbangun tengah malam, setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Mengetahui penyebab sering terbangun tengah malam dapat membantu seseorang menemukan solusi dan kualitas tidur malam yang lebih baik.

Berikut beberapa penyebab sering terbangun tengah malam yang mungkin dialami:

1. Mengalami sleep apnea

Menurut Eat This Not That, penderita sleep apnea juga bisa sering terbangun di tengah malam. Selain kelelahan, gangguan tidur ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya.

Mengutip Kompas.com (28/10/2021), obstructive sleep apnea adalah gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur akibat sumbatan jalan napas dan otot di belakang tenggorokan.

Menurut konsultan asisten profesor dari Stanford University School of Medicine dan kepala penasihat sains tidur untuk Proper, Allison Siebern, PhD, CBSM, penderita sleep apnea juga bisa merasakan terengah-engah atau sesak napas saat terbangun di malam hari.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved