Breaking News:

News Analysis

Kata Pengamat Epidemiologi Sulut soal Penerapan PPKM Level 3 Natal dan Tahun Baru

Sebentar lagi sudah memasuki pekan awal desember, pergerakan orang di sulut justru terjadi mulai dari masa-masa ini

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw
Kawasan Pasar 45 Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (18/11/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah rencanannya akan menerapkan PPKM Level 3 di daerah guna menekan penyebaran covid-19 jelang perayaam Natal dan Tahun baru 2022. 

Menanggapi hal ini, Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo mengatakan, kebijakan ini diambil sebagai bentuk kesiap-siagaan untuk mengantisipasi kenaikan kasus dalam periode itu.

"Hal ini ini tentu diputuskan berdasarkan data periode yang sama tahun sebelumnya yang menunjukkan adanya peningkatan kasus yang signifikan," ungkap Manoppo kepada Tribun Manado

Menurutnya, sebenarnya gejalanya sudah terlihat saat ini di mana jumlah ruang isolasi Rumah sakit mulai terisi dengan pasien yang terkonfirmasi positif.

Kata dia, saat ini sudah memasuki pekan akhir november, sebentar lagi sudah memasuki pekan awal desember, pergerakan orang di sulut justru terjadi mulai dari masa-masa ini.

"Kegiatan-kegiatan yang menghimpun orang seperti parade santa-claus, ibadah-ibadah pranatal, kegiatan berbelanja apabila tidak diikuti dengan penerapan protokol yang ketat maka berpotensi menjadi media subur penularan," beber Manoppo.

Oleh karena itu, kata dia, dengan menerapkan aturan PPKM level 3 saat natal dan tahun baru, memang akan memperlambat laju kenaikan kasus. 

"Namun alangkah baiknya apabila sebelum itu kita juga lebih disiplin dalam menerapkan protokol 3M, serta memantapkan vaksinasi," terang Manoppo.

Dengan begitu, kata dia, walaupun dilakukan PPKM level 3, mayoritas masyarakat tetap sehat merayakan hari natal & tahun baru.

"Keterisediaan ruang isolasi tidak membludak, dan kita menyambut tahun 2022 dengan lebih optimis," pungkas Dosen Epidemiologi Unima ini. (Mjr)

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved