Breaking News:

RHK Sabtu 20 November 2021

BACAAN ALKITAB   Yakobus 1:8 - Jangan Mendua Hati

Semua orang butuh ketenangan di dunia ini. Tak ada satupun manusia yang tidak ingin hidupnya tenang.

Editor: Aswin_Lumintang
ilustrasi 

  Yakobus 1:8
TRIBUNMANADO.CO.ID - Semua orang butuh ketenangan di dunia ini. Tak ada satupun manusia yang tidak ingin hidupnya tenang. Ini berlaku bagi semua manusia di segala kalangan, tanpa kecuali. Orang kaya, miskin, orang terhormat, termarginalisasi, pejabat, bawahan, masyarakat biasa dan siapapun itu.

Yakobus mengungkapkan bahwa salah satu penyebab orang hidup tidak tenang adalah karena dia hidup dalam kebimbangan, masih bercabang hati atau masih mendua hati. Yakobus memastikan bahwa orang yang masih hidup mendua hati, tidak akan tenang dalam hidupnya.

Ilustrasi Holy Bible
Ilustrasi Holy Bible (NET)

Dengan kata lain bahwa jika kita ingin menikmati ketenangan hidup dalam dunia ini, maka hendaklah kita tidak mendua hati. Tapi harus hidup dengan sikap tegas, yakni memilih hidup dengan Tuhan.

Manusia hanya bisa hidup tenang kalau bersama Tuhan. Itulah kunci ketenangan. Karena Tuhan Yesus adalah Sumber ketenangan. Dia pencipta dan pemilik serta pengendali hidup kita. Hanya di dalam Dialah saja kita beroleh ketenangan. Sedangkam orang yang masih mendua hati, akan dihukum oleh hatinya sendiri, yakni tidak akan tenang dalam hidupnya.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  "Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya." (ay 8)_
Yakobus menasihati keduabelas suku Israel di perantauan dan kita sekalian srbagai Israel masa kini, agar jangan hidup mendua hati. Orang yang mendua hati selain tidak akan tenang dalam hidupnya, dipastikan dia tidak bahagia. Hidupnya diliputi oleh kegelisahan dan kekuatiran bahkan ketakutan akan terjqdi hal-hal yang tidak diinginkannya.

Itu satu hal yang tidak bisa dihindari, selama kita masih mendua hati. Hidup mendua hati adalah hidup.yang mendukakan diri sendiri. Juga menghukum diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya, bukan hanya di bumi, tapi sampai pada kekekalan, penderitaannya.

Sebaliknya, orang yang tegas memilih hidup dalam Tuhan, dia akan menikmati ketenangan hidup. Karena Tuhan Yesus sebagai Sumber ketenangan dan sumber kehidupan yang menjaga, melindungi, menolong, memberkati dan menyelamatkan kita.

Raja Daud mengungkapkan:
_"Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku._
_Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah. (Maz 62:2-3)_
Tidak ada sumber ketenangan selain Tuhan. Tidak ada ketenangan yang diperoleh di luar Allah dalam Tuhan Yesus Kristus. Karena hanya Dialah yang memelihara hidup kita. Dan hanya Dia sajalah yang mahatahu, apa yang terbaik dalam kehidupan kita umatnya.

Kita memang akan selalu diperhadapkan dengan berbagai persoalan hidup, jatuh dalam pencobaqn, menderita dan memikul salib. Tapi hidup kita tak akan direnggut oleh setiap persoalan hidup kita. Kita tidak hidup untuk menderita, tapi setelah menderita sekian lamanya, kita akan meraih mahkota kemuliaan Allah. Itulah ketenangan abadi, di dalam Tuhan Yesus.

Karena itu, ketika kita diperhadapkan dengan kebimbangan dan keraguan karena berbagai pilihan hidup, maka pertetapkanlah hati kita hidup dalam Tuhan. Mintalah hikmat kepada-Nya tanpa ragu dan tanpa bimbang. Pastikan pilihan hidup kita bersama Dia, maka tenang dan damailah hidup kita, di bumi pun sampai selama-lamanya.

Jauhkanlah hidup mendua hati. Pilihlah Tuhan. Jangan hidup bersama Tuhan tapi masih percaya tahyul. Masih percaya kekuatan gaib di luar Tuhan. Lebih taat kepada tradisi tahyul, meski sudah dibaptis dan menjadi Kristen. Orang yang demikian bukan hanya tidak tenang dalam hidupnya, tapi pasti dihukum Tuhan.

Teguhkan hatimu. Pilih satu saja: hidup dalam Tuhan. Jangan duakan Tuhan supaya Tuhan tidak menomorduakan bahkan mendukakan kita dengan hukuman kekal.

Jangan mendua hati, hiduplah dalam Tuhan. Tenang, damai, sejahtrra dan bahagia penuhlah hidup kita kekal selamanya. Amin

 DOA: Tuhan Yesus, jauhkan kami dari sikap mendua hati, tapi tuntun kami agar selalu hanya hidup menurut firman-Mu, sehingga tenang dan damailah kami. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved