Breaking News:

Berita Tomohon

Tomohon Jadi Kota Toleransi se Indonesia, Caroll Senduk Apresiasi Tokoh Agama dan Masyarakat

Wapres Ma'ruf membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 se-Indonesia.

Penulis: Hesly Marentek | Editor: Rizali Posumah
Istimewa/FB Nur Allan Lasido.
Kota Tomohon diresmikan sebagai Kota Toleransi se Indonesia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Wali Kota Tomohon Caroll Senduk dan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut menghadiri Kegiatan Konferensi Nasional FKUB Ke-VI Se- Indonesia dan Pekan Kerukunan Internasional 2021.

Kegiatan yang digelar di Convention Hall Hotel Sutan Raja di Minahasa Utara, Jumat (19/11/2021), dengan dihadiri langsung Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, Wapres Ma'ruf membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 se-Indonesia.

Selain itu, pada kegiatan ini Kota Tomohon ditetapkan sebagai Kota Toleransi se Indonesia yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Wapres RI Ma'ruf Amin yang didampingi oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Menteri Koperasi dan UKM RI, Sekjen Asosiasi FKUB, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk.

Wapres Ma'ruf Amin menyebut dengan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk dan memiliki perbedaan latar belakang agama, suku, adat dan budaya, para pendiri bangsa (founding fathers) telah berhasil merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan kesepakatan (konsensus) nasional.

Untuk itu, dia mengungkapkan, hal ini dapat terwujud karena masing-masing pendiri negara memiliki rasa empati, toleran, dan tidak egois serta lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompoknya masing-masing.

"Sikap-sikap positif ini harus kita rawat, kita jaga, kita pelihara demi tetap berlangsungnya keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia yang harus kita wariskan kepada generasi sesudah kita khususnya kalangan milenial, generasi Z, dan generasi yang lebih belia lagi," tegasnya.

Terkait hal ini, Ma'ruf Amin juga mencatat bahwa masyarakat Sulut mampu merawat keutuhan bangsa dengan meneruskan jejak para founding fathers menumbuhkan nilai-nilai toleransi.

Untuk itu, Wapres menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Sulut yang telah berperan menciptakan kerukunan antar warga tanpa melihat latar belakang agama, suku, dan budaya.

"Saya bangga dengan masyarakat Sulawesi Utara yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang toleran," pujinya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved