Breaking News:

Berita Sulut

Ronni Kobandaha, Satu-satunya Petani Sulut yang Terima Penghargaan dari Dekaindo

Petani asal Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ronni Kobandaha mendapat kehormatan dan penghargaan dari Dewan Kakao Indonesia (Dekaindo)

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
IST/Dinas Perkebunan Bolmong
Ronni Kobandaha salah satu petani Bolmong yang terima penghargaan dari Dewan Kakao Indonesia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Petani asal Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ronni Kobandaha mendapat kehormatan dan penghargaan dari Dewan Kakao Indonesia (Dekaindo) di momen peringatan Hari Kakao Indonesia (HKI) yang diselenggarakan secara daring.

Ronni layak masuk kriteria dan mendapat penghargaan sebagai pejuang kakao dan menjadi satu-satunya petani Kakao yang mendapat penghargaan dari Sulut.

Penghargaan dari Dekaindo ini berkerjasama dengan Kementrian Kordinator Perekonomian, Kementrian Pertanian dan Perindustrian Dalam Negeri memberikan ratusan penghargaan.

Ronni masuk salah satu petani yang memiliki rekam jejak yang jelas.

Tidak hanya menanam kakao, tapi telah menjadi influencer bagi petani.

Sementara itu Dinas Perkebunan Daerah (Disbud) Provnisi Sulut melalui kepala Seksi Tanama Penyegar Natalia Pangkerego membenarkan, Ronni Kobandaha salah satu terseleksi dari Sulut.

“Kami yang mengajukan nama Pak Ronni Kobandaha atas rekomendasi Dinas Perkebunan di Kabupaten Bolaang Mongondow. Dan memang Pak Ronni ini sudah lama menggeluti budidaya kakao,” ujar Natalia saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Jumat (19/11/2021).

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bolmong Tonny Toligaga mengatakan, dari aspek pengalaman dan keseriusan salah alasannya merekomendasikan nama Ronni Kobandaha mendapatkan penghargaan pejuang kakao.

Toligaga yang telah lama berkecimpun di dunia kakao ini mengakui sepak terjang Ronni dalam budidaya kakao telah lama diketahuinya.

Makanya, ketika ada permintaan usulan dari Dekaindo, nama Ronni yang diusulkan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved