Breaking News:

Konferensi VI FKUB

Buka KONAS FKUB, Wapres Ma'ruf Amin: Saya Bangga Toleransi Masyarakat Sulut

Wapres membuka acara Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi VI Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Se-Indonesia Tahun 2021.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Rizali Posumah
Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw
Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi VI Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Se-Indonesia Tahun 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Wakil Presiden Kyai Haji Ma'ruf Amin tiba di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulawesi Utara pada, Jumat (19/11/2021) pukul 13.30 Wita.

Dalam kunjungannya ke Sulawesi Utara, Wapres membuka acara Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi VI Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Se-Indonesia Tahun 2021.

Wapres K H Ma'ruf Amin menjelaskan bahwa Indonesia memiliki masyarakat yang majemuk dan memiliki latar belakang suku, agama, adat dan budaya.

"Namun para founding father kita telah merumuskan Pancasila sebagai konsensus nasional dan merupakan titik pertemuan untuk menyatukan perbedaan kita yang majemuk," ucapnya.

Beliau melanjutkan, kerukunan antar umat beragama tidak datang dengan sendirinya tapi perlu adanya kerja keras dari setiap masyarakat beragama.

"Untuk itu, pemerintah membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang bertujuan untuk mengawasi dan mengontrol baik secara dialog maupun komunikasi agar dapat menyelesaikan konflik dan masalah," pungkasnya.

Kyai Haji Ma'ruf Amin pun mengimbau kepada para pimpinan agama agar menjelang natal dan tahun baru untuk bisa membantu mengawasi kondisi Covid-19 di daerahnya.

"Pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan, dimana pada suasana Natal dan Tahun Baru setiap daerah bakal menaikan tingkat PPKM ke level tiga," katanya.

Lanjut Wapres, hal ini demi menekan dan mengantisipasi terjadi peningkatan kasus Covid-19 seperti yang pernah terjadi di perayaan Nataru sebelumnya.

Wapres Ma'ruf pun turut mengapresiasi masyarakat Sulut atas sikap toleransi yang tinggi yang memiliki berbagai macam latar belakang agama dan budaya.

"Saya bangga mengenal masyarakat Sulawesi Utara yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang sangat toleran," ucapnya.

Sebelumnya diketahui, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menandatangani prasasti penetapan Kota Tomohon sebagai Kota Toleransi se-Indonesia. 

Kemudian Wapres akan melakukan pertemuan dengan sejumlah penggiat UMKM dan pemberdaya ekonomi.

Ma'ruf didampingi oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Ketua BAZNAS Noor Achmad, Wakil Ketua BAZNAS Mokhamad Mahdum, Plt Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Tim Ahli Wapres Buntario Trigis serta Staf Khusus Wapres Bambang Widianto, Masduki Baidlowi dan Masykuri Abdillah.

Kecelakaan Maut Tadi Subuh Pukul 03.20 WIB, Mahasiswa Tewas, Jazz Tabrak Tiang Listrik hingga Patah

450 Pasukan Yonif Para Raider 328 Kostrad Dikirim ke Intan Jaya Basis KKB Papua, Ini Targetnya

Relawan Puan dan Ganjar Bersaing di Sulut, Pengamat Politik Ferry Liando Contohkan Pemilu 2019

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved