Breaking News:

Berita Sulut

Setelah Belajar Setahun, BI Sulut Wisuda Wirausaha dan Petani Unggulan Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) Sulut mewisuda puluhan Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI) dan Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) rekrutmen tahun 2020

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
fernando lumowa/tribun manado
Peserta Program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) dan Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI) usai seremoni wisuda di Luwansa Manado, Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bank Indonesia (BI) Sulut mewisuda puluhan Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI) dan Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) rekrutmen tahun 2020.

Sebanyak belasan WUBI yang sebagian besar pelaku UMKM dan 01 PUBI diwisuda dalam acara khusus di Ballroom Luwansa Hotel Manado, Rabu (17/11/2021).

Acara ini merupakan puncak acara sekaligus penutup dari seluruh rangkaian pelatihan WUBI dan Petani PUBI yang telah diikuti oleh calon Wisudawan WUBI dan PUBI sejak tahun 2020.

Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat menjelaskan latar belakang program tersebut.

Katanya, pertanian dan UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian nasional maupun daerah.

Sektor pertanian dan UMKM merupakan penyedia jaring pengaman masyarakat.

Khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah, merupakan salah satu sumber pendapatan utama negara Indonesia yang berperan penting dalam mengentaskan kemiskinan.

Sebagai negara agraris, peranan sektor pertanian masih cukup dominan. Menurut data BPS, kontribusi sektor pertanian di dalam PDB kuartal III-2021 sebesar 13,6 persen.

"Sektor pertanian masih menjadi penopang pertumbuhan ekonomi negara, terbesar kedua, setelah industri pengolahan," jelas Arbonas.

Peranan dari sektor UMKM juga mengalami perkembangan, utamanya di era pandemi Covid-19. UMKM sebagai sektor yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian selama pandemi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved