Breaking News:

Berita Boltim

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto Buka Bimtek Soal Keamanan Pangan

Bimtek keamanan pangan tersebut dilaksanakan di Goba Molunow Kecamatan Modayag dan dihadiri oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto.

Penulis: Rustaman Paputungan | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Bimtek soal keamanan pangan bersama dengan pemilik industri rumah tangga. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur melaksanakan Bimtek soal keamanan pangan bersama dengan pemilik industri rumah tangga, Kamis (18/11/2021).

Bimtek keamanan pangan tersebut dilaksanakan di Goba Molunow Kecamatan Modayag dan dihadiri oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto, juga dari Balai Pengawasan Obat Makanan (BPOM) Provinsi Sulawesi Utara.

Bupati Bolaang  Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto S.Sos dalam Sambutannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi pengelola atau pemilik industri rumah tangga pangan.

"Agar supaya mereka mampu memproduksi pangan yang sehat,aman, bermutu serta Hygienis.Untuk sasarannya adalah para pemilik atau pengelola industri rumah tangga pangan yang belum memiliki Izin," sebut Sachrul.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Eko Marsidi SKM.ME mengatakan, dengan adanya kegiatan Bimtek Keamanan Pangan ini, semoga mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengolah pangan.

"Baik itu melalui tempat pengolahan, peralatan yang digunakan, serta perilaku pengolahannya sendiri atau dari bahan makanannya. Sehingga aman bagi konsumen dan dapat bersaing di pasar modern," sebutnya.

Dia juga mencontohkan produk pangan yang mengandung bahan berbahaya seperti Rhodamin B yang digunakan untuk pewarna merah pada makanan ( sirup, kerupuk, saos, terasi ).

Padahal, kata dia, guna dari Rhodamin B yang sebenarnya adalah untuk pewarna tekstil sehingga penggunaan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi hati dan kanker.

"Begitupun Boraks yang digunakan untuk pengawet dan pengenyal pada kerupuk, tahu dan bakso," sebutnya.

Fungsi dari boraks sendiri adalah untuk mematri logam ,pembuatan gelas dan enamel, anti jamur kayu, pembasmi kecoa, antiseptik, obat untuk kulit dalam bentuk salep, dan campuran pembersih.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved