Breaking News:

RHK Kamis 18 November 2021

BACAAN ALKITAB Yakobus 1:6 - Tetapkan Hati, Jangan Bimbang

Jika kita meminta hikmat dari Allah kita di dalam Tuhan Yesus, maka hendaklah kita memintanya dengan iman.

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

Yakobus 1:6
TRIBUNMANADO.CO.ID - Jika kita meminta hikmat dari Allah kita di dalam Tuhan Yesus, maka hendaklah kita memintanya dengan iman.

Karena dengan demikian kita memiliki keyakinan bahwa Tuhan yang murah hati, pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih karunia, pasti menganugerahkannya atas kita yang memohon kepada-Nya. Meminta dengan iman, adalah kunci kita mendapatkan hikmat dari Tuhan.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Tuhan pasti mendengar dan menjawab segala permohonan kita kepada-Nya dalam atau dengan iman. Jika kita meminta hikmat kepada Tuhan dengan iman, maka janganlah ada kebimbangan atau keraguan dalam hati dan pikiran kita. Sebab iman adalah kepastian. Yang diminta dengan kepastian (iman) pasti akan dijawab dengan kepastian juga oleh Tuhan, Sang Sumber Pemberian.

Jika ada keraguan atau kebimbangan dalam permintaan kita, maka kita bukanlah orang beriman. Dengan kata lain, kita tidak memintanya dengan iman. Karena meminta dengan iman berarti ada kepastian terhadap permohonan atau permintaan kita, dan yang pasti dijawab oleh Tuhan.

Orang yang hidup dalam iman berada dalam kepastian hidup. Tetapi para peragu, hidupnya pasti akan diombang-ambingkan oleh arus pencobaan hidup yang menghancurkan "biduk" hidupnya. Dia diibaratkan seperti gelombang laut yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin dan arus.
Demikian firman Tuhan hari ini.

  "Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin."  (ay 6)

Meminta dengan iman adalah meminta dengan keyakinan akan datangnya jawaban yang pasti. Sebab meminta dengan iman adalah kepastian akan jawaban yang tepat, benar, baik, terbaik dan tepat pada waktunya dari Tuhan Yesus Kristus.

Apalagi jika yang kita minta dari Tuhan adalah hikmat. Bukankah itu yang Tuhan kehendaki untuk kita miliki sebagai umat dan hamba-Nya yang setia kepada-Nya. Tuhan Yesus sangat mengasihi orang yang mencari dan meminta hikmat dari Dia. Sebab justeru hikmat itu adalah ciri khas atau identitas sejati orang Kristen.
Setiap pengikut Kristus yang mengaku setia pada-Nya, haruslah memiliki hikmat dari Tuhan. Karena itu, jika kita meminta hikmat dari Tuhan pastilah diberikan-Nya bagi kita.

Asal kita meminta dalam iman dan keyakinan yang sungguh kepada Tuhan. Jangan ada keraguan sekecil apapun. Jangan bimbang dan ragu, supaya kita tidak gampang diombang-ambingkan oleh arus pencobaan, dan membuat kita kehilangan hikmat dari Tuhan.

Orang yang hidup dalam iman dengan hikmat dari Tuhan, pasti disayangi-Nya dan diberkati-Nya secara luar biasa. Bukan hanya di berkati, kita juga akan memperoleh kehidupan kekal bersama-Nya.

Karena itu, tetapkanlah hati dan jangan bimbang. Teguhkan hatimu memohon hikmat dari Tuhan. Kita pasti mendapatkannya, asal kita setia memelihara hidup berhikmat sebagai seorang beriman.

Seiring dengan berjalannya waktu dan sejalan dengan terus bertambahnya usia kehidupan kita, hendaklah kita hidup semakin berhikmat. Pertetapkan hati tanpa keraguan dan kebimbangan, carilah dan mintalah hikmat dari Tuhan.

Hiduplah dengan hikmat Tuhan. Itulah cara hidup orang beriman. Hendaklah itu menjadi kepribadian dan karakter hidup kita, sebagai keluarga maupin umat dan jemaat Kristus. Sehingga hidup kita terus mempermuliakan nama Tuhan dalam segala hal. Amin

DOA: Tuhan Yesus, pertetapkan hati dan iman kami kepada-Mu, sehingga kami boleh menerima kasih karunia-Mu, terutama hikmat dari Tuhan. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved