Breaking News:

Berita Sitaro

Sitaro PPKM Level 3, Satgas Covid-19 Siapkan Skema Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Penetapan status PPKM ini sebagaimana Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 58 Tahun 2021.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 Sitaro, Joicson Sagune. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoKabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kembali masuk dalam daftar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Penetapan status PPKM ini sebagaimana Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 58 Tahun 2021.

Imendagri ini tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian Covid-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Wakil Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sitaro, Joicson Sagune menjelaskan beberapa hal yang mengakibatkan Kabupaten Sitaro masuk dalam kategori PPKM Level 3.

"Pertama karena capaian vaksinasi kita di daerah belum mencapai 80 persen. Kedua karena dalam beberapa waktu ini terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Sagune, Rabu (17/11/2021).

Atas penetapan status tersebut, Sagune bilang pihaknya telah diinstruksikan oleh pimpinan daerah untuk segera menggenjot pelaksanaan vaksinasi hingga akhir November ini.

"Makanya kami telah menurunkan surat kepada pemerintah di tingkat kelurahan dan kampung termasuk pengurus tingkat jemaat (rumah-rumah ibadah) untuk membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi," kata Sagune.

Ketika pelaksanaan vaksinasi belum mencapai taget 80 persen sebagaimana yang telah ditetapkan hingga berujung pada perpanjangan PPKM Level 3, maka kondisi ini akan berdampak terhadap diberlakukannya berbagai pembatasan kegiatan masyarakat.

"Tetap akan ada pembatasan-pembatasan kegiatan. Selain kegiatan keagamaan seperti perayaan Natal nanti, pembatasan juga akan berlaku pada kegiatan sosial kemasyarakatan seperti acara pernikahan dan sejenisnya."

"Kita akan melakukan pembatasan secara ketat kalau kondisinya tetap seperti ini di penghujung tahun 2021 ini," ujar Sagune.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved