Breaking News:

Perayaan Natal di Sulut

Menjaga Inflasi Akhir Tahun di Sulut, Waspadai Kenaikan Permintaan Barito di Natal dan Tahun Baru

Rakor dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sulut, Praseno Hadi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut, Arbonas Hutabarat.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Rapat Koordinasi TPID Sulut sebagai antisipasi permintaan akhir tahun 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Daerah, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan stakeholder terkait perlu mewaspadai lonjakan harga komoditas holtikultura, ikan serta harga tiket pesawat yang biasa terjadi di penghujung tahun. 

Hal itu terungkap dalam Rakor TPID Provinsi Sulut di Luwansa Manado, Rabu (17/11/2021). 

Rakor dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sulut, Praseno Hadi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut, Arbonas Hutabarat dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Asim Saputra.

Menurut Kepala BPS Sulut, Asim Saputra, inflasi di Sulut pada Oktober 2021 masih relatif rendah dan terkendali meski meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya. 

"Secara tahunan, inflasi Manado tercatat 2,40 persen (yoy) dan inflasi Kotamobagu sebesar 2,97 persen (yoy)," kata Asim.

Ditinjau dari sumber penyumbang inflasi, tekanan inflasi pada Oktober 2021 didorong oleh komoditas cabai rawit dan perikanan.

Kepala BI Sulut, potensi peningkatan permintaan cabai rawit menjelang Natal dan tahun baru perlu diantisipasi. 

"Selain itu, komoditas perikanan yang beberapa periode terakhir menjadi penyumbang inflasi juga perlu diantisipasi," jelas Arbonas

Hal ini dikonfirmasi oleh Balai Perikanan yang menyatakan, sebanyak 80-90 persen produksi perikanan di Sulut dikirimkan ke luar daerah, yakni Jawa Timur dan DKI Jakarta. 

Data itu juga menguatkan hasil asesmen  BI, di mana meskipun Sulut memiliki produksi perikanan yang surplus cukup tinggi dibandingkan dengan konsumsinya, tetapi dengan tidak terpenuhinya konsumsi domestik, harga komoditas perikanan di pasar cenderung tinggi dan fluktuatif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved