Breaking News:

RHK Selasa 16 November 2021

BACAAN ALKITAB    Yakobus 1:3-4 - Ujian Iman

Bahwa semua orang Kristen harus melewati cobaan, badai dan gelombang menderu, tantangan dan pergumulan, itu pasti.

Editor: Aswin_Lumintang
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

   Yakobus 1:3-4
TRIBUNMANADO.CO.ID - Bahwa semua orang Kristen harus melewati cobaan, badai dan gelombang menderu, tantangan dan pergumulan, itu pasti. Namun, sesungguhnya proses tersebut merupakan sebuah anak tangga bagi kita untuk meraih kehidupan yang gilang gemilang, berkemenangan dan menikmati keselamatan kekal yang sempurna bersama Bapa di sorga.

Sesungguhnya, persoalan kehidupan, dan segala bentuk penderitaan yang datang silih berganti dalam hidup kita, adalah ujian iman, yang menentukan apakah kita bisa "naik kelas" beranjak semakin dewasa dalam iman kepada Tuhan, atau tidak. Jika kita dikalahkan oleh pencobaan, itu artinya iman kita gagal atau tidak naik kelas.

Ilustrasi Holy Bible
Ilustrasi Holy Bible (NET)

Jika kita lulus ujian iman itu, maka kita akan naik kelas di level ketekunan. Jika kita mampu memelihara (hidup) dalam ketekunan, kita akan naik kelas yang lebih tinggi lagi yakni memiliki buah yang matang. Dengan demikian, hidup beriman kita menjadi sempurna dan utuh, serta tak berkekurangan sesuatu apapun.

Jadi, jika kita tahan uji, lulus dalam ujian iman, tekun dalam Tuhan, kita akan memperoleh buah yang matang, sehingga kita semakin sempurna, utuh dan tak berkekurangan dalam segala hal.
Demikian firman Tuhan hari ini.

  "sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
  Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun."  (ay 3, 4)

Begitulah keuntungan dan kemenangan yang akan diraih orang-orang yang lulus ujian iman atau tahan uji. Kita akan meraih keuntungan dan kemenangan yang kotemporer, tanpa batas dan tiada akhir.

Sebab, kita untung dan menang di bumi, dan damai sentosa, bahagia selamanya bersama Bapa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Ujian iman ini adalah jalan menuju kepastian dan kekekalan hidup. Ujian iman tidak berakhir di bumi atau di dunia. Tapi Ujian iman ini menghentar kita pada jalan keselamatan kekal bersama Tuhan kita Yesus Kristus selamanya.

Jadi, ujian iman bukanlah sebuah kesia-siaan. Ujian iman adalah kesempatan yang Tuhan beri bagi kita agar kita memperoleh "tiket" ataupun rapor yang baik untuk naik level (kelas). Kalau kita tidak melewati ujian iman, hidup dan iman kita stagnan, tidak bertumbuh bahkan mati. Maka perlu ujian iman bagi kita untuk menyegarkan diri kita tapi juga untuk pertumbuhan iman kita menuju Mahkota Kemuliaan Raja yang kekal.

Jika kita harus melewati ujian iman, apakah cobaan, pergumulan, tantangan, penderitaan dll, justeru kita harus syukuri. Kita terima dengan kebahagiaan, karena itu sedang membawa kita kepada tangga Tahta Kemuliaan Raja, tapi juga kehidupan yang diberkati secara melimpah di bumi.

Itulah sebabnya Yakobus menasihatkan kita agar berbahagialah kita jika kita bergumul atau jatuh dalam pencobaan. Sebab itu adalah "studi lanjut" bagi kehidupan orang beriman. Lagi pula, Tuhan Yesus tidak mengizinkan memikul beban dan menghadapi cobaan yang melebihi kekuatan kita. Kalaupun lebih, Allahlah yang menyiapkannya untik kita.

Semua keluarga dan pribadi Kristen haruslah bersukacita dan berbahagia jika diperhadapkan dengan cobaan, pergumulan hidup dan penderitaan. Sebab justeru saat kita bergumul, kasih Tuhan semakin nyata dan penyertaan-Nya sempurna.

Karena Dia menatang kita dalam penderitaan dengan cinta dan kasih sayang-Nya yang tulus dan jujur. Asal kita telus hidup di dalam Dia, meski harus menderita. Maka Tuhan akan terus menyertai dan memberkati keluarga kita yang terus tekun, setia dan taat kepada-Nya, sekarang sampai selamanya. Amin

 DOA:  Tuhan Yesus, mampukan dan kuatkan serta teguhkan hati kami menghadapi ujian iman, agar kami tetap tekun dalam Tuhan, dan hidup semakin berkenan kepada-Mu. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved