Breaking News:

RHK Sabtu 13 November 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA Titus 2:9-10 - Jadilah Hamba Yang Taat

Pada umumnya hamba=budak, disoroti melakukan kesalahan pada tuannya, seperti: membantah, melawan, berdebat, curang, mencuri.

Editor: Aswin_Lumintang
WWW.THOUGHTCO.COM
Renungan 

Titus 2:9-10
"Hamba-hamba hendaklah taat kepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah,
jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita."
---------------------------------------------

Ilustrasi.
Ilustrasi. (SHUTTERSTOCK)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pada umumnya hamba=budak, disoroti melakukan kesalahan pada tuannya, seperti: membantah, melawan, berdebat, curang, mencuri. Kesalahan ini membuat para hamba dihukum, dipecat dan dipulangkan.

Supaya kesalahan-kesalahan ini tidak terjadi, maka seorang hamba (Kristen) janganlah berpikir bahwa keadaan mereka hina dan rendah, sehingga tidak berkewajiban melakukan hukumhukum Tuhan, ataupun dibebaskan dari tugas melayani Allah.

Titus dinasihati Paulus untuk mengingatkan para hamba Kristen tentang kewajiban mereka menjalankan tugasnya terhadap tuannya. Sebab taat dan melayani dengan tulus pada tuannya akan membuat seorang hamba berkenan pada tuannya.

Tujuannya bukan terutama menyenangkan tuannya, melainkan untuk menyenangkan Kristus. “Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus..” (Efesus 6:5). Perilaku yang baik ini akan membuat tuan-tuan yang bukan Kristenpun akan memuliakan Allah.

Di era sekarang, banyak orang yang menjadi hamba, dikenal dengan istilah: Pembantu Rumah Tangga/Asisten Rumah Tangga, Baby Sister, Tukang kebun, dan lain-lain. Berkaitan dengan pekerjaan ini, ada saja masalah yang muncul, baik dari pihak hamba itu sendiri maupun tuannya.

Para hamba mengeluh upah yang belum dibayar, diperlakukan melewati batas-batas kemanusiaan, tuannya jahat, dan lain-lain. Sementara para tuan/majikan mengeluh para hamba tidak taat, tidak dapat diatur, mencuri, malas, dan lain-lain. Menekan masalah-masalah ini tidak muncul, maka masing-masing pihak harus melakukan apa yang menjadi kewajibannya sesuai dengan iman Kristen.

Hamba-hamba taat dan tulus melayani tuannya. Dan tuannya jangan berlaku kasar pada hamba-hambanya. “Dan kamu tuan-tuan, perbuatlah demikian terhadap mereka dan jauhkanlah ancaman ” (Efesus 6:9). Relasi dan komunikasi kerja harus terus menerus dijalin, mewujudkan keluarga yang bahagia. Amin.

DOA: Ya Tuhan, mampukanlah kami menjalankan kewajiban sebagai hamba/tuan sesuai kehendak-Mu, supaya Engkau Allah Juruselamat kami dimuliakan. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved