Apa Itu

Apa Itu Blockchain? Teknologi di Bitcoin dan Mata Uang Kripto, Begini Cara Kerjanya

Blockchain adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mencatat dan menyimpan setiap transaksi yang terjadi secara digital.

THINKSTOCKPHOTOS
Apa Itu Blockchain? Teknologi di Bitcoin dan Mata Uang Kripto, Begini Cara Kerjanya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa Itu Blockchain?

Blockchain adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mencatat dan menyimpan setiap transaksi yang terjadi secara digital.

Misalnya saja di bitcoin, blockchain digunakan untuk melakukan pencatatan keuangan.

Saat ini, terdapat lebih dari 10.000 mata uang kripto yang sistemnya berjalan di atas blockchain.

Padahal sebenarnya, manfaat dan fungsi blockchain tak hanya untuk mata uang kripto saja, namun juga digunakan untuk beragam bidang lain terkait teknologi dan digitalisasi.

Larissa Chou dan Henny Rahman Diduga Saling Sindir, eks Istri Alvin Faiz Tak Peduli Fisiknya Dihina

Teknologi blockchain adalah solusi keamanan dan privasi, khususnya untuk keuangan berbasis internet yang dapat memproses perdagangan bernilai triliunan.

Bila dipahami secara harfiah, blockchain terdiri atas dua kata bahasa Inggris, yakni block yang berarti kelompok dan chain yang berarti rantai.

Sehingga, pengertian blockchain bisa diartikan sebagai teknologi yang memanfaatkan komputasi untuk menciptakan kelompok-kelompok atau blok yang saling terhubung satu sama lain.

Blok-blok tersebut berisi catatan transaksi serta melacak aset dari sebuah jaringan bisnis.

Untuk bisa lebih memahami pengertian blockchain, fungsi blockchain, serta contoh penggunaan blockchain, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Blockchain?

Dilansir dari buku Blockchain for Dummies oleh Manav Gupta dijelaskan, blockchain mulanya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan sistem yang efisien, hemat biaya, andal, dan aman untuk melakukan dan mencatat sebuah transaksi keuangan.

Blockchain mulanya digunakan pada bitcoin yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Tak seperti uang tradisional yang diterbitkan oleh bank sentral, bitcoin tidak memiliki otoritas sentral dan tidak ada pihak yang mengontrol.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved