Breaking News:

Berta Sitaro

Tiga Kampung Peserta Pilkades Serentak di Sitaro Perpanjang Penerimaan Bakal Calon Kapitalau

Sesuai program kerja yang ada, pelaksanaan Pilkades serentak yang diikuti oleh 31 Kampung di Kabupaten Sitaro ini telah memasuki tahapan kampanye.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Wabup John Palandung didampingi Staf Ahli Bupati saat memimpin jalannya rapat bersama panitia Pilkades tingkat kabupaten dan kampung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa atau Kapitalau (Pilkades) serentak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus bergulir.

Sesuai program kerja yang ada, pelaksanaan Pilkades serentak yang diikuti oleh 31 Kampung di Kabupaten Sitaro ini telah memasuki tahapan kampanye dalam bentuk debat terbuka penyampaian visi misi calon kepala desa.

Akan tetapi, tiga dari 31 kampung peserta Pilkades serentak menemui persoalan seiring berjalannya tahapan pelaksanaan pesta demokrasi masyarakat kampung ini.

Mereka adalah Kampung Apelawo Kecamatan Siau Timur, Kampung Hiung Kecamatan Siau Barat Utara, Kampung Pumpente Kecamatan Tagulandang.

Persoalan di tiga kampung ini pun langsung dibahas oleh Panitia Kabupaten yang dipimpin langsung Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John Palandung, Kamis (11/11/2021).

Kepada wartawan, Palandung menjelaskan duduk persoalan di tiga kampung tersebut, sehingga hal itu harus dibahas bersama dengan Panitia Kabupaten.

"Di Kampung Hiung, calonya cuma satu. Begitu juga Kampung Apelawo, calonya cuma satu. Sementara sesuai ketentuan, pelaksanaan pilkades tidak bisa dilaksanakan apabila calonnya kurang dari dua orang. Untuk Kampung Pumpente, masih menunggu panitianya datang siang ini," terang Palandung.

Atas persoalan ini, Palandung bilang pihaknya mendorong agar Panitia Pemilihan Tingkat Kampung melakukan perpanjangan penerimaan pendaftaran bakal calon kapitalau.

"Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa maupun Peraturan Bupati Tentang Pemilihan Kapitalau, ketika calon kapitalau hanya satu dapat diperpanjang selama 20 hari," terang Palandung.

Ia pun berharap, seluruh tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Sitaro bisa berjalan aman dan lancar sehingga proses pemungutan suara yang rencananya berlangsung 24 November 2021 mendatang dapat terlaksana dengan baik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved