Berita Bolmut

Pemda Bolmut Buka Workshop Validasi Desa Lokasi Prioritas LOKRPI

Kecamatan pinogaluman masuk salah Satu desa Lokasi Prioritas (LOKRPI) pembangunan Perbatasan Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021.

Penulis: Rezki Lintang | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Pembukaan Workshop Validasi Desa di Kecamatan Lokasi Prioritas (LOKRPI) Pembangunan Perbatasan Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Asisten Bidang Adimistrasi Umum Sekda Bolmut Uteng Datungsolang M,Si hadiri Pembukaan Workshop Validasi Desa di Kecamatan Lokasi Prioritas (LOKRPI) Pembangunan Perbatasan Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021.

Kegiatan workshop ini dibuka  Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diwakili oleh Kepala badan pengolah perbatasan Daerah Sulawesi Utara di aula gedung serbaguna Desa Tombulang pantai, Kamis (11/11/2021)

Kecamatan pinogaluman masuk salah Satu desa Lokasi Prioritas (LOKRPI) pembangunan Perbatasan Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021.

Gubernur Olly Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kaban pengolah Perbatasan Daerah Provinsi sulawesi utara menyampaikan, pembangunan di wilayah perbatasan memang harus selalu dipandang dalam konteks pembangunan yang normal.

"Semua pemangku kepentingan, mulai dari pemerintahan pusat, pemerintah daerah hingga pihak swasta, harus bersinergi dan bersama sama dalam mengoptimalkan segala potensi di daerah," ujarnya

Satu yaitu menyikapi dan menyelesaikan berbagai tantangan dan isu strategis menyangkut aspek infrastruktur dasar, ekonomi dan perdagangan, sosial, ketersediaan energi, perhubungan dan telekomunikasi, serta pertahan keamanan dan hukum.

Pemerintah provinsi sulawesi utara telah mengadakan berbagai program dan agenda kerja strategis untuk pembagunan di kawasan perbatasan.

"Menjadi tantangan bahwa setiap kebijakan, program, kegiatan dan rencana dalam pembagunan di wilayah perbatasan, harus mampu mengcover setiap aspek kebutuhan sesuai dengan karakteristik daerah masing masing," ungkap Olly

Kata dia, pohaknyua sudah melaksanakan beberapa kali kegiatan dalam rangka menjawab tantangan tantangan itu, seperti salah satunya workshop koordinasi, integrasi dan sinkronisasi kabijakan otonomi daerah yang dilaksanakan pada bulan juni dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah di kawasan perbatasan.

Uteng Datungsolang Asisten Adimstrasi Umum Sekda Bolmut menyampaikan bahwa diketahui bersama, Bolmut merupakan wilayah perbatasan dalam konteks pembangunan ekonomi daerah.

Bolmut merupakan garda terdepan dalam menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi antara sulawesi utara dan gorontalo serta cermin bukti harga diri pembagunan di provinsi sulawesi utara.

Ia menyampaikan kepada pemerintah provinsi Sulawesi Utara bahwa kawasan LOKPRI kecamatan pinogaluman tentunya diperhadapkan dengan berbagai keterbatasan infrastuktur.

"Di antaranya belum ada akses jembatan yang menghubungkan Desa Busato kecamatan pinogaluman dengan Desa Buata Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara," ujar dia.

Ia pun menambahkan, telah terjadi abrasi pantai sepanjang 50 meter ke arah permukiman penduduk di desa Buko utara dengan peningkatan rata-rata 5 meter per tahun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved