Berita Sitaro

Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Sitaro Gelar Upacara Bendera

John Palandung tampil sebagai inspektur pada upacara yang berlangsung di halaman depan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Prosesi pengibaran bendera Merah Putih pada upacara peringatan Hari Pahlawan di Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, Rabu (10/11/2021).

Tampil sebagai inspektur pada upacara yang berlangsung di halaman depan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) itu, yakni Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John Palandung.

Kesempatan itu, Wabup Palandung membacakan amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2021.

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, puji syukur patut kita panjatkan kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya pada hari ini tanggal 10 November 2021, kita dapat bersama-sama memperingati Hari Pahlawan tahun 2021," kata Palandung mengutip amanat tertulis Mensos RI.

Selama ratusan tahun para pahlawan berjuang untuk keluar dari penjajahan dan pemberontakan, namun selalu mengalami kegagalan.

"Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik adu domba. Para pendiri bangsa ini menyadari dan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara sebangsa dan setanah air.

Inilah pelajaran berharga, lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan," ungkap Palandung.

Kepada seluruh elemen bangsa dan negara, terajak untuk terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita bangsa Indonesia seraya membangun toleransi dan semangat kebinekaan," lanjurnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk terus maju dari tahun-tahun sebelumnya untuk membuktikan pada dunia, bahwa bangsa Indonesia mampu melanjutkan cita-cita para pahlawan.

"Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati dengan Hari Pahlawan harus dicontohi dengan satu tekad gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun serta tidak peduli akan keterbatasan atau halangan," ujar Palandung.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain jajaran Forkopimda Sitaro, pimpinan dan anggota DPRD, pimpinan OPD serta Camat dan Lurah se-wilayah Siau.

Tentang Sitaro

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved