Berita Sulut

Yanti Mamahit Istri Pangdam Merdeka Hadiri Pembukaan Alat Musik Angklung Mendunia

Kegiatan ini dipimpin Ibu Negara RI Ibu Hj Iriana Joko Widodo dan didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto secara virtual.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Ketua Dharma Pertiwi Daerah Kodam Merdeka Ny Yanti F Mamahit ikut berpartisipasi dalam event Angklung Mendunia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dalam rangka melestarikan kesenian Angklung, Ketua Dharma Pertiwi Daerah Kodam Merdeka Ny Yanti F Mamahit ikut berpartisipasi dalam event Angklung Mendunia.

Ny Mamahit beserta pengurus Dharma Pertiwi Daerah ikut terlibat dalam memainkan alat musik Angklung Mendunia

Kegiatan ini dipimpin Ibu Negara RI Ibu Hj Iriana Joko Widodo dan didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto secara virtual di Aula Makodam.

Ketua Dharma Pertiwi Daerah My Mamahit mengatakan bahwa angklung merupakan alat musik khas Jawa Barat yang terbuat dari bambu.

"Tiap nada yang dihasilkan berasal dari bunyi tabung bambunya yang berbentuk bilah setiap ruas bambu dari ukuran kecil hingga besar," ucap istri dari Pangdam Merdeka, Mayor Jenderal TNI Wanti Waranei Franky Mamahit ini, Selasa (9/11/2021).

Ia beserta para anggota Dharma Pertiwi Daerah lainnya pun turut mendukung dan berharap agar alat musik angklung ini bisa dikenal luas.

Dalam kegiatan tersebut dirinya memainkan Angklung secara secara serentak dengan seluruh undangan dan peserta Zoom bahwa tanda Angklung Mendunia telah dibuka.

Turut terlibat dalam kegiatan tersebut Ketua Dharma Pertiwi Daerah M Ny Yanti F Mamahit dan seluruh Pengurus Dharma Pertiwi Daerah M.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Angklung Sedunia dan melestarikan warisan budaya Indonesia serta menduniakan angklung.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Dharma Pertiwi bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, OASE Kabinet Kerja, Dekranas, dan LaDara.

Kegiatan ini bertema “Lestarikan, Giatkan, dan Generasikan Angklung Mendunia” pada tanggal 8 November 2021 di Museum Satriamandala, Jakarta.

Acara ini juga disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Dharma Pertiwi.

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dalam sambutannya sekaligus membuka dan meresmikan acara ini menyampaikan agar peringatan Hari Angklung Sedunia tahun ini dijadikan momentum untuk membangkitkan kecintaan dan kepedulian kepada angklung.

Iriana Joko Widodo juga mengajak untuk memainkan kembali angklung di berbagai acara di Indonesia dan di berbagai belahan dunia.

“Semoga keindahan alunan suara angklung membuat Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia semoga kebudayaan Indonesia juga semakin lestari, berkembang, dan semakin maju,” demikian Iriana menutup sambutannya. 

SINOPSIS Ikatan Cinta Malam Ini: Mama Rosa Menangis Usai Pak Sanusi Cerita Peristiwa 7 Tahun Lalu

Ikuti Katekisasi Pelsus GMIM, Joune Ganda Beber Sinergi Pemerintah dan Gereja Bangun Minut

Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut Terpilih Jadi Ketua PDBI Sulut

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved