Komunitas

Awal Terbentuknya Organisasi Peduli Lingkungan Maritim Muda Manado

"Dia mengaku berpartisipasi dalam organisasi peduli lingkungan ini demi meningkatkan kesadaran anak-anak akan ekosistem laut," ucapnya.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Rizali Posumah

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Maritim Muda Nusantara adalah organisasi yang masih terdengar asing oleh sebagian masyarakat di Kota Manado, yang mana kelompok ini merupakan Non Government Organization (NGO).

Dan di Kota Manado sendiri organisasi ini memang baru berdiri di awal tahun 2021 dengan jumlah relawan ada 24 orang.

Hal ini disampaikan Samuel selaku Ketua Maritim Muda Kota Manado saat diwawancarai Tribunmanado.co.id, Senin (8/11/2021).

"Dia mengaku berpartisipasi dalam organisasi peduli lingkungan ini demi meningkatkan kesadaran anak-anak akan ekosistem laut," ucapnya.

Lanjutnya, ini menjadi concern dari Maritim Muda Manado untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat soal pariwisata dan potensi bahari di Indonesia.

"Nantinya kami punya Proyek Maritime Hero yang akan dibikin di Bahowo, selain itu ada program Beach Clean Up dan Mangrove Clean Up hingga Kampanye Pengurangan Plastik Sekali Pakai," pungkasnya.

Diketahui, Maritim Muda Nusantara (Indonesian Maritime Youths) yang biasa disebut Maritim Muda, ialah organisasi kepemudaan nasional di bidang kemaritiman dalam bentuk perkumpulan (asosiasi).

Maritim Muda dibentuk pada tanggal 13 Desember 2018 bertepatan dengan Hari Nusantara di Jakarta oleh 6 orang pemuda Indonesia.

Mereka terpanggil hati dan jiwanya untuk berbakti pada nusa dan bangsa melalui pembangunan kemaritiman yang berkelanjutan.

Mereka yakni Kaisar Akhir, Antonius Rio Sandi Sirait, Imanda Hikmat Pradana, Ranitya Nurlita, Denny Suwarso Putra, dan Bondan Bhaskara.

Dengan ideologi dan gagasan untuk mendorong generasi muda menyadari perannya dalam membangun maritim Indonesia sebagai poros maritim dunia, para pemuda ini bersatu mendirikan Maritim Muda.

Organisasi ini bergerak atas latar belakang akademis, keilmuan maritim, dan mengacu pada berbagai kebijakan serta kondisi kekinian dan kedisinian maritim Indonesia.

Maritim Muda Nusantara telah mendapatkan pengesahan sebagai Badan Hukum Perkumpulan Maritim Muda Nusantara melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0001244.AH.01.07.Tahun 2019 pada tanggal 14 Februari 2019.

Maritim Muda memberanikan diri untuk dapat langsung berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai elemen, baik pemerintah maupun swasta. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved