Breaking News:

Berita Bolmong

Program Kartu Tani Masih Mandek di Kabupaten Bоlmоng

Menurut Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Ratu, program kartu tani ini bukannya tidak jalan, memang ini terhenti karena dipusat.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rizali Posumah
net
Ilustrasi kartu tani 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado --- Program Kartu Tani yang diusung pemerintah pusat untuk pengadaan pupuk subsidi belum berjalan, di Sulawesi Utara (Sulut).

Sejak diterapkannya program tersebut pada September 2020 hingga sekarang, kartu tani belum bisa digunakan oleh petani. 

Padahal Kartu tani berfungsi untuk mendapatkan pupuk subsidi di warung pengecer resmi.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Bolmong Remon Ratu, program kartu tani ini bukannya tidak jalan, memang ini terhenti karena dipusat. 

Ia menjelaskan dibolmong hasil Konfirmasi baru sebesar 6.802 Kartu tani yang tersalur padahal penginputan Sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e- RDKK) yang menjadi dasar untuk mendapatkan kartu tani sebanyak 32.553 petani.

Selain itu, kartu tani yang sudah didistribusi oleh pusat sebesar 15.172 petani, sedangkan yang belum tersalur ke petani Masih sekitar 17.381.

Oleh sebab itu menurut Remon, sambil menunggu kartu tani jalan tim verifikasi dan validasi (Verval) kecamatan dan kabupaten tetap melakukan verval penebusan pupuk oleh petani menggunakan apilkas T- pubers.

“Aplikasi ini di launching oleh Ditjen PSP Kementerian Pertanian melalui Direktorat Pupuk dan Pestisida,” ujar Remon saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Minggu (7/11/2021). 

Untuk kios pengecer, kata Remon, tetap dalam menyalurkan pupuk berdasarkan pada e-rdkk yang tertuang dalam aplikasi T-Pubers.

Tak hanya itu, dalam setiap penebusan pupuk oleh petani harus diinput pada aplikasi T- Pubers sehingga penebusan pupuk oleh petani terkontrol. 

Mekanismenya setelah kios menginput penebusan pupuk oleh petani, tim verval kecamatan akan menyetujui ketika di validasi tidak ada selisih. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved