Breaking News:

Berita Minahasa

Dapat Gelar Tonaas Teterusan Wangko Um Banua, Mayjen TNI Wanti W F Mamahit: Ini Tanggung Jawab Besar

Pemberian gelar adat kepada Pangdam XIII/Merdeka tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Minahasa yang ke-593 tahun 2021. 

Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W.F. Mamahit didaulat sebagai "Tonaas Teterusan Wangko Um Banua" lewat suatu upacara adat Minahasa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Mayjen TNI Wanti W F Mamahit mendapat gelar kehormatan adat "Tonaas Teterusan Wangko Um Banua" oleh para tetua adat Minahasa. 

Pemberian gelar adat kepada Pangdam XIII/Merdeka tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Minahasa yang ke-593 tahun 2021. 

Penobatan gelar adat ini berdasarkan hasil musyawarah adat 9 pakasaan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM). 

Prosesi acara adat tersebut dipimpin oleh Bupati Minahasa selaku Ketua Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) Roy Roring, Jumat (5/11/2021) di gedung Wale Ne Tou, Minahasa.

Acara prosesi adat pengukuhan ini ditandai dengan ritual tawaang dipukul di pundak kiri dan kanan sebanyak satu kali pengenaan.

Kemudian penyematan pakaian kebesaran yang terdiri dari tiga bagian penting yaitu pemasangan topi.

Kemudian berturut-turut diadakan pemasangan ikat pinggang serta penyerahan tongkat Katonaasan oleh Ketua umum MKM Roy Roring yang didampingi 9 Tonaas Pakasaan lainnya.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W.F. Mamahit mengatakan bahwa pemberian gelar adat oleh Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) bukan hanya suatu kehormatan tetapi juga menjadi tanggung jawab besar.

Di mana baginya, inimerupakan tanggung jawab besar untuk menciptakan suasana yang aman dan damai di Provinsi Sulawesi Utara.

"Pemberian gelar adat Tonaas Teterusan Wangko Um Banua kepada saya bukan hanya suatu kehormatan dan kepercayaan," ujar Pangdam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved