Breaking News:

Berita Talaud

Bupati Elly Engelbert Lasut Soroti Tingginya Angka Perceraian Kalangan ASN di Talaud

Berdasarkan data dari Pengadilan Negeri Melonguane perkara perceraian terhitung dari bulan Januari sampai November 2021 terdapat 58 Perkara.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Rizali Posumah
Pemkab Talaud
Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoTingginya angka kasus perceraian di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud mendapat perhatian serius Bupati dr Elly Engelbert Lasut ME.

Hal ini jadi perhatian Bupati, karena berdasar data dan laporan yang diperolehnya dari kantor Pengadilan Negeri Talaud, ternyata angka perceraian tertinggi di Bumi Porodisa diwarnai dari kalangan ASN.

Berdasarkan data dari Pengadilan Negeri Melonguane dimana untuk laporan perkara khusus kasus perceraian terhitung dari bulan Januari sampai November 2021 terdapat 58 Perkara.

Meningkat dibanding di tahun 2020 yang hanya 30 kasus dan didominasi oleh ASN aktif . 

“Ini sungguh memalukan, karena perilaku yang tidak patut dicontoh ini justru dilakukan oleh ASN, yang semestinya jadi teladan baik dalam kehidupan bermasyarakat,” ungkap Bupati di hadapan Ratusan pejabat yang diambil sumpah/janji dalam pelantikan pejabat pada Senin kemarin. 

Terkait permasalahan itu, Bupati selaku Pembina Kepegawaian di daerah, akan menjatuhkan sanksi kepada setiap ASN yang melakukan perceraian, termasuk sanksi terberat yakni pemecatan.

“Saya tegaskan, jika ke depan ada ASN yang kedapatan melakukan cerai di pengadilan dan itu disertai ijin dari pimpinan daerah, maka tak segan-segan kita mo pecat,” ucap E2L.

Menurut Bupati, ASN yang dalam lingkup kehidupan masyarakat sering diposisikan sebagai tokoh masyarakat, harusnya jadi contoh dan teladan baik, termasuk jadi saluran berkat bagi keluarganya.

“Bukan sebaliknya jadi pemicu dalam perceraian. Karena itu, mulai saat ini saya mendeklarasikan ASN Talaud anti cerai,” tegas Bupati Elly. 

Tentang Talaud

Talaud adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, dan merupakan kepulauan paling utara di Indonsia Timur. 

Kabupaten yang beribukota Melonguane ini berbatasan dengan daerah Davao del Sur, Negara Filipina di sebelah utara.

Luas laut Kabupaten Talaud sekitar 37.800 km² dan luas wilayah daratan 1.251,02 km².

Dari Melonguane ke Kota Manado berjarak 350 km, sekitar 14 jam perjalanan lewat laut dan 1 jam lebih perjalanan dengan pesawat.

Terdapat tiga pulau utama di Kabupaten Kepulauan Talaud, yaitu Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, dan Pulau Kabaruan.

Saat ini Kabupaten Talaud dipimpin oleh Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut atau Elly Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga. (Iv)

MUI Sulut Imbau Masyarakat Ikuti Vaksinasi: Sudah Dipastikan Halal

Kecelakaan Maut Tadi Pukul 12.36 WIB, Vanessa Angel dan Suaminya Tewas, Mobil Pajero Alami Tabrakan

Profil Vanessa Angel, Artis yang Tewas Kecelakaan Bersama Suami, Ini Rekam Jejak Karirnya

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved