Breaking News:

Berita Sitaro

Perbaikan Kabel FO Link Tahuna-Siau Diperkirakan hingga Pertengahan November 2021

Posisi kapal yang akan melakukan perbaikan telah berada di kilometer 43 selatan Pulau Sangihe dan dalam persiapan utk melakukan Sea Trial.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi Dinas Kominfo Sitaro.
Status Core Link Ondong Siau-Tahuna. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerima pemberitahuan dari PT. Len Telekomunikasi Indonesia terkait proses perbaikan jaringan internet kabel fiber optik area Kabupaten Sitaro.

Pemberitahuan dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Bupati Kepulauan Sitaro tertanggal 27 November 2021 berisi tentang rencana perbaikan kabel fiber optik palapa ring di kilometer 43 sebelah selatan Pulau Sangihe.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Kominfo Sitaro, Gandawari Mulalinda menyebut, posisi kapal yang akan melakukan perbaikan telah berada di kilometer 43 selatan Pulau Sangihe dan dalam persiapan utk melakukan Sea Trial.

Selanjutnya operasi perbaikannya akan dimulai pada tanggal 2 November 2021 dengan target penyelesaian intel join atau penyambungan (di permukaan laut) yang diperkirakan rampung pada 10 November 2021 mendatang.

"Pastinya akan timbul pertanyaan di masyarakat, kenapa pekerjaan perbaikan nanti dimulai tanggal 2 November, sementara kapalnya sudah berada di lokasi."

"Jadi memang dibutuhkan persiapan, yakni penyambungan sling untuk keperluan pekerjaan perbaikan ini," terang Mulalinda, Jumat (29/10/2021).

Menurut pejabat lulusan pendidikan STPDN itu, kedalaman laut yang menjadi objek perbaikan kabel fiber optik bawah laut ini mencapai 4.500 meter.

"Untuk bisa menjangkau titik tersebut, maka petugas atau tim yang ada harus melakukan penyambungan sling. Nah, proses penyambungan ini sedikit memakan waktu," terangnya.

Seterusnya sambung Mulalinda, tim akan melakukan penurunan kabel dan OTDP ke bawah laut dengan menggunakan peralatan pada kapal dalam operasi restorasi tersebut.

"Dan pekerjaan ini diperkirakan selesai pada 16 November 2021. Jadi sekali lagi perlu disampaikan bahwa dibutuhkan rentang waktu persiapan pelaksanaan pekerjaan perbaikan pasca tibanya kapal di lokasi atau titik kerusakan," terangnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved