Breaking News:

Berita Bolmong

Produksi Beras Bolmong Tetap Aman Meski Dihantam Pandemi Covid-19

Ditengah himpitan pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu hingga sekarang ini.Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) masih mampu mengamankan stok pangan.

Editor: Chintya Rantung
IST/Dinas Pertanian Bolmong.
Kadis Pertaniam Remon Ratu (Kiri). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Ditengah himpitan pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu hingga sekarang ini.

Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) masih mampu mengamankan stok pangan.

Remon Ratu, Kepala Dinas Pertanian Bolmong menyampaikan, Pemkab Bolmong berupaya merangsang petani untuk bertanam dua kali dengan memberikan bantuan benih dan pupuk non subsidi.

Begitu juga katanya dengan memberikan bantuan kelompok berupa puluhan unit traktor jenis R4, traktor R2, Cultifaktor, Pompa Air untuk memudahkan petani dalan proses menanam.

“Dukungan lain yang diberikan Pemda seperti pembangunan insfrastruktur, jaringan irigasi, embung pertanian, jalan usaha tani, dam parit yang bersumber dari APBD Bolmong, “ tutur Remon, saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Kamis (28/10/2021).

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Nadra Husain mengatakan petani juga dipermudah dalam proses panen, sehingga kualitas padi dan jagung terjaga.

“Pasca panen juga kita berikan bantuan alsintan berupa vertical drayer (VD), Combene Hevester, Power Thereisher, serta Draye UV,” kata dia.

Nadra mengatakan, luas tanam untuk padi sawah sebesar 13.141 Ha, sementara untuk padi ladang sebesar 1.500 Ha.

”Itu juga ditunjang dengan bantuan pompa, sumur, dan pengolahan tanah,” jelas dia.

Diketahui, 2020 lalu Pemkab Bolmong memberikan bantuan pada saat pandemi kurang lebih Rp 30 Miliar untuk bibit dan pupuk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved