Profil Tokoh Daerah

Sosok Valentino Toloh, Ketua PKK Pertama di Kabupaten Bolmong: Saya Siap Melayani Masyarakat

Pelantikan tersebut sesuai dengan Permendagri No 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan PP No 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK. 

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rhendi Umar
Istimewa
Sosok Valentino Toloh, Ketua PKK Pertama di Kabupaten Bolmong: Saya Siap Melayani Masyarakat 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK - Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Biasanya organisasi ini dipimpin oleh seorang wanita.

Namun berbeda dengan di daerah Poigar Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, organisasi ini dipimpin oleh seorang pria.

Sosok tersebut adalah Valentino Toloh.

Dia merupakan pria pertama di Kabupaten Bolmong yang dilantik sebagai Ketua TP PKK. 

Hal itu menyusul setelah Istrinya Alfina Sumenda resmi dilantik sebagai Camat Poigar.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Permendagri No 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan PP No 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK. 

"Dimana pada Pasal 7 TP PKK Kecamatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (4), terdiri atas ketua dijabat isteri/ suami camat,” jelas Ketua TP PKK Bolmong Lesly Lanny Kaligis saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Rabu (27/10/2021). 

Dirinya berharap, Ketua TP-PKK Kecamatan Poigar yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

“Selamat bertugas, berharap pelaksanaan gerakan 10 Program PKK dapat dioptimalkan dan disinergikan dengan kegiatan PKK di desa,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PKK Kecamatan Poigar Valentino Toloh usai dilantik menyampaikan dirinya siap melayani masyarakat dan bekerja sesuai dengan apa yang menjadi kewenangan PKK di kecamatan.

Ia juga berjanji akan melakukan koordinasi dengan seluruh PKK di tingkat desa dan kecamatan agar semua bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Gerakan PKK adalah gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya. 

Sejarah

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved