Breaking News:

Berita Sitaro

Pemkab Sitaro Mantapkan Rencana Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun Manado
Plt Kepala Dinas Kominfo Sitaro, Gandawari Mulalinda 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Di mana pada tahun ini, pemerintah daerah berencana menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pulau Makalehi Kecamatan Siau Barat, yang merupakan pulau terluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sitaro, Gandawari Mulalinda mengatakan, pihaknya telah memantapkan persiapan rencana tersebut dengan pimpinan daerah lewat agenda rapat bersama.

"Dari rapat yang digelar diputuskan beberapa agenda yang nantinya akan kita laksanakan di Pulau Makalehi, pada 28 Oktober 2021 besok," kata Mulalinda, Rabu (27/10/2021).

Selain agenda utama berupa upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang akan dilaksanakan di puncak Pulau Makalehi, sejumlah acara lainnya seperti bakti sosial, pelaksanaan vaksinasi, pasar murah hingga pembagian masker akan mewarnai jalannya hajatan di Pulau Makalehi.

"Baksos dari pihak Launudsri serta Kodim 1301, pembagian masker dari BNPB dan BPBD, pasar murah dari Disperindag-Naker Sitaro, pelaksanaan vaksinasi dari Dinas Kesehatan," urai Mulalinda.

Untuk menuju lokasi acara, pejabat lulusan pendidikan STPDN itu menyebut, rombongan akan bertolak dari Pelabuhan Pehe Kecamatan Siau Barat menggunakan KMP Lokong Banua dengan perkiraan jarak tempuh menuju Pulau Makalehi selama dua jam perjalanan laut.

"Untuk peserta yang akan ikut menuju Pulau Makalehi antara lain pimpinan daerah, unsur Forkopimda, pimpinan OPD serta beberapa perwakilan staf pegawai.

Tapi yang bisa naik ke puncak atau lokasi upacara hanya dibatasi 50 orang untuk menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Selain ingin mendekatkan diri dengan masyarakat kepulauan, khususnya daerah terluar, dilaksanakannya upacara peringatan Sumpah Pemuda di Pulau Makalehi sejalan dengan upaya promosi destinasi wisara Danau Cinta di daerah tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved