Breaking News:

Berita Sitaro

Ketua DPRD Sitaro, Djon Janis Tinjau Pembangunan Jalan Putus Akibat Bencana

kses jalan utama yang menghubungkan Kampung Lia dan Kampung Deahe Kecamatan Siau Timur Kabupaten Sitaro terputus

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi Djon Janis
Ketua DPRD Sitaro, Djon Janis saat meninjau lokasi pembangunan jalan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Akses jalan utama yang menghubungkan Kampung Lia dan Kampung Deahe Kecamatan Siau Timur Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terputus akibat bencana alam tahun 2020 lalu.

Sejak kejadian tersebut, kendaraan roda empat, khususnya angkutan umum tidak bisa lagi melayani masyarakat dari dan menuju sejumlah kampung di ujung utara Kecamatan Siau Timur.

Warga di tiga kampung yang terisolir, masing-masing Kampung Deahe, Kampung Bukide, Kampung Apelawo terpaksa harus menggunakan jasa ojek dan transportasi laut berupa perahu dengan konsekuensi biaya yang lebih besar untuk bisa menuju pusat Kota Ulu maupun tempat-tempat lain di wilayah Siau.

Melihat kondisi ini, pemerintah daerah langsung mengambil langkah dengan mengalokasikan anggaran untuk membangun kembali akses jalan yang putus akibat tanah longsor yang terjadi tahun 2020 lalu itu.

Proses pembangunan yang telah berjalan dua pekan ini mendapat atensi dari Ketua DPRD Sitaro, Djon Janis yang berkesempatan melihat langsung progres pembangunan jalan tersebut.

"Senin sore saya jalan ke Siau Timur Utara melihat progres pembangunan jalan yang putus antara Kampung Lia dan Deahe, ternyata sudah berjalan dengan baik," kata Janis kepada tribunmanado.co.id, Selasa (26/10/2021).

Kesempatan itu, Janis melihat langsung jalannya proses pembangunan sekaligus mengecek kendala-kendala yang dihadapi para pekerja selama pekerjaan tersebut berlangsung.

"Dan ketika saya bertanya kepada pihak pengawas apa kendala di lapangan, ternyata tidak ada kendala teknis selain yang muncul akibat kondisi alam karena beberapa hari ini cuaca hujan," beber Janis.

Dari penjelasan pihak pengawas pekerjaan, Janis mendapatkan informasi bahwa bulan Desember mendatang, akses jalan antara Kampung Lia dan Kampung Deahe tersebut sudah bisa dilalui.

"Dengan begitu, saudara-saudara kita yang terisolasi di beberapa kampung di bagian utara Pulau Siau sudah bisa beraktifitas sebagaimana biasanya, khususnya dalam kaitan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru," ungkap Bendahara DPC PDI Perjuangan Sitaro itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved