Breaking News:

Berita Sitaro

Pilkades Serentak di Sitaro Masuki Tahapan Penerimaan Pendaftaran Bakal Calon

Agenda ini sesuai program kerja panitia pemilihan kapitalau tahun 2021 yang bergulir sejak 22 Oktober 2021 hingga 28 Oktober 2021 mendatang.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Sitaro, Rivan Sababari. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus bergulir.

Pasca program sosialisasi dan pembentukan panitia yang di dalamnya terdiri dari beberapa kegiatan, kini tahapannya bergulir pada penerimaan pendaftaran bakal calon kepala desa atau Kapitalau.

Agenda ini sesuai program kerja panitia pemilihan kapitalau tahun 2021 yang bergulir sejak 22 Oktober 2021 hingga 28 Oktober 2021 mendatang.

"Ya benar, tahapan penerimaan ini akan berlangsung selama enam hari kedepan dan ditutup pada 28 Oktober 2021 pukul 24.00 Wita," kata Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sitaro, Rivan Sabanari, Senin (25/10/2021).

Sejauh ini, sambung Sabanari, pihaknya baru mendapatkan satu laporan dari panitia pemilihan tingkat kampung terkait pendaftaran bakal calon di Kampung Nameng Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut).

"Baru satu bakal calon di Kampung Nameng yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon kapitalau. Selebihnya belum ada laporan dari panitia pemilihan di kampung-kampung lain," ungkapnya.

Berdasarkan pengalaman pada pemilihan-pemilihan serentak sebelumnya, jumlah pelamar yang akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon akan bermunculan pada H-2 atau H-1 penutupan pendaftaran.

"Sebentar atau besok pasti sudah ada laporan dari panitia di kampung-kampung lain."

"Karena biasanya, jelang penutupan pendaftaran baru terlihat peningkatan jumlah bakal calon yang mendaftar," terang Sabanari.

Apabila sampai waktu penutupan pendaftaran bakal calon lantas tidak ada yang mendaftarkan diri, maka pelaksanaan Pilkades di kampung tersebut akan ditunda dan menunggu proses selanjutnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved