Breaking News:

Berita Sitaro

Mengenal dr Fitria Karundeng, Nakes Pertama di Sitaro yang Terpapar Covid-19

Selain harus berjuang melawan virus Covid-19, setiap pasien kalah itu bakal diperhadapkan dengan stigma negatif atas apa yang terjadi.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi dr Fitria Karundeng
dr Fitria Karundeng, Nakes pertama di Kabupaten Sitaro yang terpapar Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Terpapar Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 bukan persoalan yang mudah untuk dihadapi.

Apalagi, kondisi tersebut dialami saat awal-awal pandemi ini mewabah pada tahun 2020 silam.

Selain harus berjuang melawan virus Covid-19, setiap pasien kalah itu bakal diperhadapkan dengan stigma negatif atas apa yang terjadi.

Itulah yang dirasakan dr Fitria Karundeng, tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) pada Juli 2020 lalu.

Sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, wanita kelahiran 20 Juni 1985 itu menyadari akan reskio terpapar virus corona.

Ia pun menjadi nakes pertama di Kabupaten Sitaro yang dinyatakan positif Covid-19 hingga belakangan harus kehilangan bayi dalam kandunganya.

Istri dari Roy Beslar ini membagikan kisah awal mula dinyatakan positif Covid-19 di tengah usia kandungannya yang telah genap sembilan bulan.

"Awalnya saya sempat sakit dan dirawat beberapa hari di RSUD Sawang."

"Setelah sembuh, saya ke Manado untuk pemeriksaan kandungan. Tapi saat itu, dari pemeriksaan rapid antibody, saya dinyatakan reaktif," ungkap Karundeng, melalui sambungan telepon, Minggu (24/10/2021).

Pemeriksaan antibody dengan hasil reaktif membuatnya harus menjalani Tes PCR hingga akhirnya dinyatakan positif Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved