Breaking News:

Doa Bacaan

Tak Sembarangan, Ternyata ini Tuntunan dan Adab Berdoa Kepada Allah SAW

Berdoa adalah suatu kegiatan meminta, memohon Suatu keinginan. Anjuran berdoa kepada Allah SWT dijelaskan di dalam Al qur'an.

Editor: Indry Panigoro
freepik.com
Ilustrasi seorang hamba Allah yang taat sedang berdoa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nabi saw. bersabda, “Sungguh Allah ta’ala itu menyukai orang-orang yang melanggengkan (selalu tetap) di dalam berdoa.”

Hadis ini dhaif diriwayatkan oleh imam Al-Hakiim, imam Ibnu Adi, dan imam Al-Baihaqi dari sayyidah Aisyah r.a. Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa maksud tetap dalam berdoa adalah ia selalu konsisten berdoa kepada Allah swt. dengan ikhlas dan niat yang benar.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada sesuatu pun yang lebih mulia di sisi Allah ta’ala dari pada doa.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ahmad, imam Al-Bukhari, imam At-Tirmidzi, imam An-Nasa’i dari sahabat Abu Hurairah r.a. dengan sanad-sanad yang shahih.

Ya berdoa adalah suatu kegiatan meminta, memohon Suatu keinginan.

Anjuran berdoa kepada Allah SWT dijelaskan di dalam Al qur'an.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Wa iżā sa`alaka 'ibādī 'annī fa innī qarīb, ujību da'watad-dā'i iżā da'āni falyastajībụ lī walyu`minụ bī la'allahum yarsyudụn

Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved