Breaking News:

Ijazah Palsu

STT Elohim Indonesia di Minahasa Utara Dinyatakan Ilegal, Ini Komentar Ahli Manajemen Kependidikan 

STT Elohim Indonesia sebenarnya berpusat di Jawa Timur, sedangkan yang di Airmadidi hanyalah kelas belajar yang dibuka oleh seorang pria bernama Marth

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rizali Posumah
Istimewa
Dr Meike Imbar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kasus lembaga pendidikan ilegal terjadi di Airmadidi, Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara (Sulut).

Lembaga pendidikan tersebut bernama Sekolah Tinggi Theologi (STT) Elohim Indonesia Kampus B.

STT Elohim Indonesia sebenarnya berpusat di Jawa Timur, sedangkan yang di Airmadidi hanyalah kelas belajar yang dibuka oleh seorang pria bernama Marthen.

Pembelajaran sudah berlangsung selama tiga tahun di sebuah pastori salah satu gereja di Airmadidi.

Kasus ini mendapat komentar dari Meike Imbar, Doktor Manajemen Kependidikan di Universitas Manado (Unima).

Meike Imbar mengatakan pengelola sekolah tinggi seharusnya menyadari bahwa suatu lembaga pendidikan harus memenuhi ketentuan sebagaimana yang diatur oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama yang membawahi Sekolah Tinggi Theologi.

"Suatu lembaga pendidikan yang akan beroperasi harus sudah memiliki ijin operasional, di samping fasilitas, tenaga pendidik, dan kependidikan," jelas Meike ketika dihubungi Tribunmanado.co.id, Rabu (20/10/2021).

Izin operasional tercantum pada nomenklatur lembaga agar diketahui oleh khalayak umum bahwa suatu lembaga pendidikan legal.

Tak berhenti sampai di situ, setelah berproses lembaga pendidikan harus memenuhi persyaratan akreditasi baik kelembagaan maupun program studinya.

"Hasil akreditasi mengkategorikan lembaga pendidikan pada tingkatan tertentu, yang nantinya dinilai oleh umum apakah lembaga pendidikan tersebut kredibel atau tidak," tambah Meike.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved