Breaking News:

Berita Talaud

Ribuan Liter Miras Ilegal Jenis Cap Tikus Dimusnahkan TNI - Polri Talaud

“Ini adalah barang bukti yang disita. Kurang lebih jumlahnya 2000 liter miras Cap Tikus,” ujar Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Ivent Mamentiwalo
Cap Tikus dimusnahkan di Lapangan Tembak Mako Lanal Melonguane pada Selasa (19/10/2021) kemarin. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Ribuan liter Cap Tikus dimusnahkan di Lapangan Tembak Mako Lanal Melonguane pada Selasa (19/10/2021) kemarin.

Ribuan miras ilegal tersebut disita dari kapal penumpang yang melayani pelayaran Manado-Talaud.

“Ini adalah barang bukti yang disita. Kurang lebih jumlahnya 2000 liter miras Cap Tikus,” ujar Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto yang memimpin pemusnahan tersebut.

Pemusnahan ini dilakukan dalam rangka mencegah atau mengurangi dampak negatif dari minuman keras jenis Cap Tikus, yang seringkali menjadi pemicu berbagai tindak kejahatan kriminal di lingkungan masyarakat.

Lanal Melonguane memang kerap melaksanakan pemeriksaan kapal-kapal yang berlayar menuju Talaud.

Saat melakukan pemeriksaan barang muatan kapal tujuan tiga pelabuhan utama di Talaud yakni Pelabuhan Melonguane, Pelabuhan Beo dan Pelabuhan Lirung, Tim SFQR Lanal Melonguane seringkali menemukan miras ilegal Cap Tikus.

Cap Tikus itu dikemas dalam berbagai kemasan guna mengelabui aparat.

“Wilayah kita ini adalah wilayah perbatasan yang memiliki potensi ancaman dan kerawanan baik dari dalam maupun dari luar, yang bisa saja dilakukan melalui cara-cara asimetrik atau proxy."

"Apabila kesadaran masyarakat terganggu oleh miras, maka tidak akan dapat berfikir dengan jernih dan akan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu” ujar Danlanal Adi Sucipto.

Pamen dengan Letkol Marinir yang sebentar lagi akan menanggalkan jabatannya sebagai Danlanal Melonguane, selanjutnya mengimbau kepada masyarakat untuk bersatu, bekerja sama, saling bahu untuk berjuang membangun wilayah perbatasan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved