Breaking News:

GAMKI Sulut

Ketua GAMKI Sulut Yowanda Yonggara Temui Para Siswi Korban Pelecehan Guru di Minahasa Selatan

Ketua GAMKI Sulut, Yowanda Yonggara mengatakan pihaknya akan terus mengawal kasus tersebut.

Editor: Aldi Ponge
GAMKI Sulut
Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulawesi Utara (Sulut) Yowanda Yonggara menemui siswa korban pelecehan oknum guru di SMAN Motoling, Minahasa Selatan pada Selasa (19/10/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulawesi Utara (Sulut) Yowanda Yonggara menemui siswa korban pelecehan oknum guru di SMAN Motoling, Minahasa Selatan pada Selasa (19/10/2021).

Ketua GAMKI Sulut, Yowanda Yonggara mengatakan pihaknya akan terus mengawal kasus tersebut.

Katanya, 17 siswi sudah melaporkan kasus ini di Sekolah dan 2 di antaranya di Polsek dan Polres Minahasa Selatan (Minsel).

"Kedatangan kami di Motoling guna memberikan advokasi kepada para korban dan memberikan penguatan pemulihan dari trauma yang korban rasakan dan saksi, " Kata Wanda sapaan akrabnya, Selasa (19/10/2021).

Lanjutnya, adapun alasan para siswa awalnya takut melaporkan karena jangan sampai mereka nilai tidak lulus.

Apalagi oknum guru merupakan satu-satunya pengajar kimia. Selain itu, terduga tersangka ternyata sering membantu para siswa untuk kuliah lewat beasiswa.

"Hal ini membuktikan bagaimana relasi kuasa yang timpang antara Guru dan murid sehingga secara kuat mempengarui psikologi dari korban pelecehan seksual. Bagaimana korban tidak berani melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya karena berada di posisi yg tidak setara dengan pelakunya,' tegas Wanda.

Wanda pun mengingatkan kepada semua anak-anak maupun perempuan yang mengalami pelecehan maupun kekerasan agar jangan pernah takut bersuara.

"Jangan normalisasi pelecehan yang kalian alami, kalau memang merasa kurang nyaman atas perlakuan yang diterima. Jangan tunda-tunda untuk sampaikan keberatan. Kalau perlu pendampingan jangan ragu untuk reach out ke orang sekitar yang kalian percayai, " Ujarnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala SMA N 1 Motoling dan Kordinator Gerakan Perempuan Sulut Ruth Ketsia Wangkai

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved