Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Senin 18 Oktober 2021, 1 Petrus 5:4 : Jaminan Kekal Gembala Agung

Dialah Gembala Yang Mahakuasa, Pencipta dan Pemilik alam semesta, termasuk manusia. Dialah Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat dunia.

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada banyak gembala, tapi hanya ada Satu Gembala Agung. Dialah Gembala yang mengatasi segala bumi, laut dan segala isinya, baik di dasar yang paling bawah, maupun di atas cakrawala yang paling tinggi. Dialah Gembala yang Kegembalaan-Nya tiada terbatas, dari awal mula sampai kekal selamanya.  

Dialah Gembala Yang Mahakuasa, Pencipta dan Pemilik alam semesta, termasuk manusia. Dialah Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat dunia. Dialah Pemegang kunci kehidupan umat manusia, dari dulu, sekarang dan sampai kekal.

Dialah Yang Empunya kehidupan dan pelayanan. Kepada Dialah tujuan hidup dan sumber keselamatan kita. Karena itu, datanglah kepada-Nya. Tiada Allah seperti Dia. Segala yang diperintahkan-Nya, lakukanlah itu.

Rasul Petrus bersaksi, jika kita mengikuti jalan dan perintah-Nya, menggembalakan domba-domba-Nya dengan baik dan benar, maka Dia akan mengaruniakan mahkota kehidupan kekal yang tiada akhirnya, yang tidak akan layu dalam segala musim kehidupan. Karena Dia pemegang kunci Kerajaan Allah. Maka ikutilah perintah-Nya dalam ketaatan dan kesetiaan.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu." (ay 4)

Yesus adalah Gembala Agung yang Mahaadil. Dia Mahakuasa, tapi mahabaik dan mahakasih. Jika kita mengikuti segala firman-Nya dan melakukan semua kehendak-Nya, maka kita akan menerima jaminan kehidupan kekal. Sorga ada di tangan kita, jika kita hidup selaras dengan kehendak-Nya.

Sebagai Gembala Agung, yang adalah Gembala Utama dari para gembala, Dia telah mengajar, memberi teladan dan berkorban untuk kita umat manusia. Pengajaran-Nya, tidak hanya di bibir mulut saja. Tidak hanya dikatakan, tetapi diaktakan dan dinyatakan dalam perbuatan, yang berwujud dalam keteladanan-Nya bagi kita.

Yesus adalah Tuhan. Tapi Dia rela "turun kemuliaan-Nya" karena menjadi Manusia. Padahal, Dia adalah Tuhan. Tapi, demi cinta-Nya akan kita, Dia rela merendahkan diri menjadi Manusia. Kemudian, Dia mengajar, memberi teladan, memberi diri-Nya dikorbankan untuk kita. Itulah bukti Keagungan Kegembalaan Kristus.

Kita telah diangkat oleh Gembala Agung untuk menjadi gembala yang menggembalakan domba-domba-Nya. Dia menghendaki agar kita menggembalakan domba-domba itu dengan kasih yang sungguh dan hati yang tulus, serta siap berkorban demi mereka. Bukan mengorbankan domba-domba demi kepentingan diri kita.

Kita melayani jangan karena terpaksa, tapi dengan pengabdian dan semangat melayani dalam kehambaan, dan keteladanan tanpa mencari keuntungan pribadi, baik secara materil, politik, maupun keuntungan dan kepentingan lainnya. Tapi karena ketaatan kepada Kristus dan kasih kepada jemaat.

Siapa yang mengikuti Dia, pasti hidup. Pasti diberkati hidupnya di dunia dan dijamin keselamatan, kenyamanan dan kebahagiaan kekalnya di sorga baka, bersama Dia Sang Gembala Agung.

Karena itu, setiap keluarga dan orang Kristen, berpeganglah pada-Nya. Ikutilah kehendak-Nya dan lakukanlah perintah-Nya. Wujudkanlah keteladanan-Nya dalam setiap prilaku hidup kita. Itulah yang menyenangkan hati Gembala Agung kita.

Jika kita mengikuti jalan-Nya, maka aman, nyaman dan damailah hidup kita baik di bumi, maupun di sorga. Sebab, Dia Gembala Agung yang berkuasa, baik di bumi maupun di sorga. Lakukanlah kehendak-Nya, Dia pasti beserta kita selamanya, dan apa saja yang kita perbuat, pasti dibuat-Nya berhasil. Amin

Doa: Tuhan Yesus, Engkaulah Gembala Agung kami. Mampukanlah kami menggembalakan domba-domba-Mu dalam ketaatan kepada-Mu dan berkatilah kami dalam segala hal. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved