Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Jumat 15 Oktober 2021, 1 Timotius 3:11-12 : Memilih 21.452 Pelsus

Sementara itu, hari minggu nanti akan terpilih juga Pelsus baru 5.040 pada pelayanan kategorial BIPRA (Bapak, Ibu, Pemuda, Remaja, Anak Sekolah Minggu

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hari ini, warga GMIM secara serentak akan memilih Pelsus (pelayan khusus) periode baru, yakni Penatua dan Diaken. Ada 10.726 kolom, akan memilih penatua dan diaken di kolomnya masing-masing. Dengan demikian, hari ini akan terpilih 21.452 Pelsus periode baru 2022-2026.

Sementara itu, hari minggu nanti akan terpilih juga Pelsus baru 5.040 pada pelayanan kategorial BIPRA (Bapak, Ibu, Pemuda, Remaja, Anak Sekolah Minggu), dari 1008 jemaat yang ada di GMIM. Siapa saja yang akan bterpilih, sesungguhnya sudah ada dalam "genggaman" tangan Tuhan. Itu sesuai dengan Yohanes 15:16a, "bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu."

Rasul Paulus sendiri dalam nasihatnya kepada Timotius memberikan kriteria bagi seseorang yang akan menjadi hamba Tuhan, baik sebagai penilik jemaat, maupun diaken dan penatua. Secara keseluruhan, baik untuk penilik maupun diaken, juga penatua, sama-sama memiliki 13 kriteria yang meski berbeda, tapi jiwa dan rohnya sama.

Tapi hal yang paling penting dan selalu menjadi titik berat yang ditekankan Paulus adalah soal kehidupan keluarga dari para calon hamba Tuhan. Baik sebagai suami maupun sebagai isteri, pun untuk menjadi penilik, penatua dan diaken. Kriteria, syarat dan ketentuan berlaku sama. Harus memiliki kehidupan keluarga yang baik. Bukanlah yang "gagal dalam rumah tangga." Tapi yang menjadi teladan dalam keluarga dan tentunya keluarga si calon harus menjadi teladan bagi keluarga orang yang lain.

Demikianlah firman Tuhan hari ini.
"Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercayai dalam segala hal.
Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik." (ay 11, 12)

Paulus menyebut secara rinci tentang bagaimana cara hidup keluarga atau rumah tangga calon yang memenuhi syarat dipilih dan ditetapkan sebagai hamba Tuhan.

Sebagai isteri, hendaklah dia hidup terhormat dan dihormati oleh suami dan anak-anaknya serta semua anggota keluarga karena kebaikan dan keteladanannya. Bukan seorang pemfitnah, tak mampu mengendalikan diri/labil. Harus dapat dipercaya dalam segala hal, karena kejujuran dan ketulusan hatinya baik dan penuh kasih.

Sedangkan jika dia seorang suami, haruslah hanya suami dari satu isteri, dan mampu mengurus, memimpin dan menuntun keluarga dalam cara hidup yang baik dan benar, sesuai firman Tuhan.

Jangan menyimpang dari kehendak dan firman Tuhan. Dan, sebagai anak, hendaklah dia menjadi anak yang baik, takut akan Tuhan dan menghormati orangtuanya. Jadi, syarat utama menjadi hamba Tuhan adalah, memiliki kehidupan keluarga yang baik dalam ketaatan kepada Tuhan, sehingga menjadi teladan dan berkat bagi semua orang.

Jika hari ini, terpilih 21.452 hamba Tuhan yang baru untuk tugas mulia 5 tahun ke depan dan ditambah lagi 5.040 di hari minggu, maka sungguh ini bukan hanya akan menjadi berkat bagi gerejanya sendiri (GMIM), tapi hal ini akan menjadi kekuatan dan berkat yang sangat luar biasa bagi daerah Sulawesi Utara, bahkan Indonesia dan dunia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved