Breaking News:

Aktivitas Digital

TRIBUN BAKU DAPA: Pemkab Boltim Targetkan Digitalisasi 2022

Tema perbincangannya adalah "Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih", simak wawancara khususnya berikut ini:

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Aldi Ponge
Live Facebook Tribun Manado
Kepala Bagian Hukum Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim Hendra Tangel (HT) saat di tribun bakudapa edisi Rabu 14 Oktober 2021 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintahan yang bersih mutlak diwujudkan agar mendapatkan kepercayaan atau legitimasi penuh dari masyarakat.  

Harapan tersebut menjadi bahasan utama program Tribun Bakudapa tang digelar Tribun Manado pada Rabu (13/10/2021).  

Kali ini Tribun Manado (TM) mengadakan wawancara khusus bersama Kepala Bagian Hukum Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim Hendra Tangel (HT) dan Ketua Garda Tipikor Indonesia (GTI) Sulut Risat Sanger (RS).

Tema perbincangannya adalah "Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih", simak wawancara khususnya berikut ini:

TM: Bagaimana usaha Pemkab Boltim untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih minimal di bidang administrasi hukum?

HT: Seperti yang disampaikan tadi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih yang dilakukan oleh bagian hukum yaitu memfilter program atau kegiatan yang akan dilakukan oleh SKPD terutama terkait dasar hukum dari program atau kegiatan itu sendiri.

Ada beberapa kegiatan atau program yang dilakukan oleh SKPD harus diawali dengan keluarnya Surat Keputusan dari Bupati untuk menetapkan kegiatan yang dilaksanakan.

Sehingga pada saat SKPD melaksanakan program dan kegiatan mereka ada dalam rel yang sudah ditetapkan melalui keputusan Bupati. Ada juga preview yang dilaksanakan oleh inspektorat sehingga sebelum program dilaksanakan sudah diketahui hal-hal yang bisa dilaksanakan atau tidak bisa dilaksanakan.

Hal ini mengantisipasi saat SKPD melaksanakan program mereka betul-betul mengacu pada standar yang ditetapkan. Contoh terkait besaran jumlah biaya perjalanan dinas harian, kami sudah menetapkan standar harga satuan sehingga saat menetapkan tidak bisa lari dari situ. Hal itu dilakukan juga untuk melindungi teman-teman SKPD saat melaksanakan program.

TM: Ada beberapa rekomendasi yang dikeluarkan oleh Garda Tipikor Indonesia Sulut ke Pemkab Boltim dan itu ditindaklanjuti oleh Pak Bupati. Boleh diceritakan rekomendasi tersebut?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved