Breaking News:

RHK Selasa 12 Oktober 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA 1 Timotius 3:4-5 - Orang Yang Disegani dan Dihormati

Keluarga merupakan lembaga terkecil di tengah masyarakat yang memiliki pengaruh penting dalam kehidupan sosial.

Editor: Aswin_Lumintang
Ist
Kisah Timotius, Uskup Kristen Abad Pertama dan Pemuda Saleh yang Miliki Pengetahuan Alkitabiah 

1 Timotius 3:4-5
"seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.
Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah? "
-----------------------------------------------

Ilustrasi Renungan
Ilustrasi Renungan (internet)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keluarga merupakan lembaga terkecil di tengah masyarakat yang memiliki pengaruh penting dalam kehidupan sosial. Dengan demikian keberadaan suami, Isteri dan anakanak sebagai keluarga memiliki peran tersendiri dalam membangun kehidupan sosial di tengah masyarakat dan dalam persekutuan gereja.

Pemahaman inilah yang melatarbelakangi sehingga, baik pemerintah maupun gereja berusaha untuk memberi perhatian khusus pada keluarga, termasuk pendidikan dan pengajaran pada anggota keluarga itu sendiri.

Dalam 1 Timotius 3:4-5, Paulus memberi perhatian khusus pada peran Kepala Keluarga. Sebab sebagai kepala keluarga, ia dituntut agar selalu menjadi orang yang baik, disegani dan dihormati. Dipahami bahwa kepala keluarga adalah seorang pemimpin di tengah keluarganya.

Sebagai orang baik, disegani dan dihormati, maka ia harus dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, termasuk mengajar anak-anak agar menjadi orang baik yang kehidupan mereka harus memiliki karakter kristiani yang berdasarkan pada pola kehidupan Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja.

Sebagai keluarga kristen, peran bapak harus menjadi kepala keluarga dan ayah yang baik bagi anak-anak, termasuk menjadi suami yang baik bagi isteri.

Seorang bapak tidak boleh mendidik anak-anak dengan cara yang otoriter dan tidak mencerminkan keteladanan yang bertanggung jawab sehingga dengan demikian maka keluarga kita akan menjadi keluarga yang patut diteladani dan dicontohi oleh banyak orang. Amin.

DOA: Ya Tuhan Yesus, ajarlah kami terus dengan firman-Mu, agar sebagai orang tua dapat menjadi kepala keluarga yang baik dan sebagai anak-anak kami menjadi orang yang taat dan hormat kepada orang tua kami. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved