Breaking News:

Berita Manado

Baznas Sulut Adakan Rakorda, Ingin Luruskan Bahwa Bukan Ormas

Dalam Rakorda, Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan mengatakan Rakorda ini diadakan untuk memenuhi beberapa tujuan.

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rhendi Umar
Tribunmanado/Isvara Savitri
Baznas Sulut Adakan Rakorda, Ingin Luruskan Bahwa Bukan Ormas 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat koordinasi daerah (Rakorda) pada Selasa (12/10/2021) di Hotel Sintesa Peninsula, Jalan Sudirman, Pinaesaan, Wenang, Manado, Sulut.

Rakorda ini dihadiri oleh Ketua Baznas RI Nur Ahmad, Forkopimda Sulut, serta perwakilan dari Baznas di 15 kabupaten/kota.

Rakorda yang diadakan selama satu hari ini bertema "Optimalisasi Pengelolaan Zakat untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Meningkatkan Kesejahteraan Umat".

Dalam Rakorda, Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan mengatakan Rakorda ini diadakan untuk memenuhi beberapa tujuan.

Salah satunya adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan zakat.

Di sisi lain, Ketua Baznas Sulut mengungkapkan tujuan utama diadakan Rakorda adalah meluruskan persepsi bahwa Baznas bukan organisasi masyarakat (Ormas).

"Sebenarnya targetnya adalah meluruskan persepsi bahwa Baznas bukan Ormas. Pada UU Nomor 23 Tahun 2021 tentang pengelolaan zakat, jelas mengatakan bahwa Baznas adalah lembaga pemerintah non-struktural," jelas Abid.

Selanjutnya, Rakorda akan menyusun rencana strategis dan koordinasi terhadap institusi pemerintahan lainnya, termasuk pemerintah provinsi (Pemprov) dan pemerintah daerah (Pemda).

Kepala Biro Perekonomian Sulut Hani Wajong yang turut hadir meminta Baznas juga meningkatkan koordinasi antar pengurus serta institusi sehingga realisasi program bisa lebih maksimal.

"Dalam rangka pengentasan kemiskinan, Baznas menjadi jembatan amal penyaluran zakat bagi warga yang kurang mampu," pungkas Hani.(*)

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved