Breaking News:

Berita Sitaro

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen Terima Penghargaan di Munas II Aspeksindo

Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) II

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Bupati Sitaro saat menerima penghargaan pada Munas II Aspeksindo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) II di perairan laut Pulau Belitung Provinsi Bangka Belitung, 8-10 Oktober lalu.

Kegiatan yang dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin itu dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Wamen Kemenkumhan Eddy OS Hiraij dan Wamen ATR BPN Surya Tjandra, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Bupati Belitung Sahani Saleh, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya wapres menegaskan bahwa posisi Indonesia kedepan akan sangat strategis dalam peta perdagangan dunia.

Hal ini disebabkan karena 90 persen perdagangan global dimobilisasi lewat laut, dan 40 persen diantaranya melewati perairan Indonesia.

Itu artinya, Aspeksindo punya peran signifikan dalam peta pembangunan baik secara nasional maupun global.

Sementara itu, Ketua Umum Aspeksindo, Abdul Gafur Mas’ud, yang juga Bupati Penajam Paser Utara, mengatakan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

"Saya menginginkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Hal ini melihat kondisi dan letak geografisnya sangat mendukung dengan berbagai potensi," ujarnya.

Dikatakannya, walaupun Aspeksindo baru berumur empat tahun, namun berkat 338 kabupaten yang tergabung, asosiasi ini akan menjadi wadah bangsa di luar political will seorang kepala daerah.

Namun demikian ada beragam potensi yang belum tergarap dengan maksimal, bahkan klaim pulau terluar oleh negara lain menjadi kendala.

"Kami berpikir kalau pulau terluar itu selesai dengan kerja sama dengan Kementerian ATR BPN saya rasa tidak ada lagi yang mengeklaim. Apalagi ditambah dukungan KSAL bersinergi dengan Aspeksindo," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved