Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Senin 11 Oktober 2021, 1 Timotius 3:2-3 ; Pelayan Adalah Teladan

Sebab pelayan, dinilai bukan pada apa yang akan dilakukannya, tapi apa yang sudah dilakukannya

Editor: Aldi Ponge
internet
Ilustrasi Renungan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menjadi pelayan, tidak gampang. Menjadi penilik jemaat, penatua, diaken, serta tugas ketatalayanan dan kegembalaan apapun, tidak sesederhana yang dibayangkan dan diinginkan oleh orang kebanyakan.

Sebab menjadi hamba Allah, kita akan menjadi Surat Kristus yang terbuka, kepada semua orang, dalam sikap dan prilaku hidup kita setiap hari.

Sebab pelayan, dinilai bukan pada apa yang akan dilakukannya, tapi apa yang sudah dilakukannya. Jadi, pelayan haruslah menjadi contoh, teladan dan panutan bagi jemaat Tuhan.

Dari prilaku hidupnya itulah yang akan menjadi dasar pengangkatan seseorang sebagai pelayan, apalagi dalam tugas ketatalayanan dan kegembalaan.

Paulus menasihati Timotius agar dalam memilih penilik jemaat yakni para hamba Tuhan, harus melihat track record (rekam jejak) mereka sebelumnya. Itulah yang kemudian harus dicocokkan dengan kriteria yang ditetapkannya.

Timotius harus memilih dan menetapkan serta mengangkat para penatalayan dalam jemaat Tuhan yang hidupnya jadi teladan. Sesuai dengan 13 kriteria yang disampaikan Paulus kepadanya. Itu harus dipenuhi oleh seseorang yang akan menjadi penilik jemaat.

Demikian Firman Tuhan hari ini.

"Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang, bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang," (ay 2, 3)

Tugas dan tanggungjawab seorang penilik jemaat, berat bahkan sangat berat. Karena itu, kriteria penilaian dan persyaratannya cukup ketat dan berat pula.

Dalam nasihatnya kepada anak saraninya Timotius, Paulus menyebutkan setidaknya ada 13 kriteria untuk menjadi penilik jemaat (ay 2-4).

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved