Breaking News:

RHK Sabtu 9 Oktober 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA Keluaran 18:25-27 - Memilih Orang Untuk Pekerjaan Tuhan

Pembacaan Alkitab hari ini, sangat terlihat antusiasme Musa yang langsung mencari dari antara bangsa Israel

Editor: Aswin_Lumintang
NET
Ilustrasi Nabi Musa membawa Bani Israil keluar dari kezaliman Fir'aun 

Keluaran 18:25-27
"Dari seluruh orang Israel Musa memilih orang-orang cakap dan mengangkat mereka menjadi kepala atas bangsa itu, menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang.
Mereka ini mengadili di antara bangsa itu sewaktu-waktu; perkara-perkara yang sukar dihadapkan mereka kepada Musa, tetapi perkara-perkara yang kecil diadili mereka sendiri.
Kemudian Musa membiarkan mertuanya itu pergi dan ia pulang ke negerinya."
---------------------------------------------

Ilustrasi Nabi Musa
Ilustrasi Nabi Musa (Kolase Tribun Manado/Foto: Istimewa)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pembacaan Alkitab hari ini, sangat terlihat antusiasme Musa yang langsung mencari dari antara bangsa Israel orang- orang yang sesuai dengan yang dikatakan oleh Yitro mertuanya. Ia mulai memilih orang-orang yang sesuai dengan kriteria yang dianjurkan oleh Yitro, yakni orang yang cakap bahkan juga seperti yang dinasihatkan Yitro dalam ayat 21 yaitu, orang yang takut akan Allah, yang dapat dipercaya, dan benci terhadap pengejaran suap.

Musa memberikan tanggungjawab kepada mereka untuk memimpin serta menghakimi setiap perkara yang muncul di kelompok mereka masing-masing, walaupun Musa memberi batasan dalam kewenangan mereka.

Tidak semua perkara harus mereka tangani melainkan hanya perkara-perkara yang kecil, sedangkan perkara-perkara yang besar diserahkan kepada Musa untuk melaksanakannya. Pembatasan tanggungjawab ini semata-mata terarah pada suatu antisipasi agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pengambilan keputusan dan tidak terjadi penyalah-gunaan wewenang dalam pelaksanaan tugas mereka.

Sebagai keluarga Kristen, terutama sebagai anggota sidi jemaat GMIM, kita sekarang sedang memasuki tahapan
pemilihan Pelsus yang nantinya kita akan memilih orang-orang yang akan menjadi pelayan yang akan melayani Tuhan di periode 2022-2026.

Dalam perenungan Firman Tuhan ini, kita semua terpanggil untuk menopang rencana pemilihan pelayan Tuhan ini. Karena itu, Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk memilih dengan iman sambil mempertimbangkan hal-hal yang berhubungan dengan kriteria, seperti yang dinasihatkan oleh Yitro kepada Musa, yaitu orang yang takut akan Allah, yang dapat dipercaya, dan benci terhadap pengejaran suap.

Kita semua tentu mengerti bahwa syarat-syarat ini adalah untuk mendapatkan orang yang memiliki kemauan dan dedikasi hidup yang betul-betul akan melayani Tuhan. Oleh sebab itu, marilah kita berdoa agar kita semua dapat diberi hikmat untuk mengambil bagian dalam pemilihan ini dan memilih sesuai dengan apa yang Tuhan Allah kehendaki. Amin.

DOA: Ya Tuhan Yesus Kepala Gereja, bimbinglah kami untuk memilih orang yang akan melayani Engkau dengan dedikasi yang baik, dan memiliki hati yang takut akan Tuhan. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved